Inilah Daftar Kementerian dan BUMN Peraih Media Relations Awards 2016 | Uri.co.id

Uri.co.id

Menu

Inilah Daftar Kementerian dan BUMN Peraih Media Relations Awards 2016

Foto Inilah Daftar Kementerian dan BUMN Peraih Media Relations Awards 2016

Uri.co.id (Inilah Daftar Kementerian dan BUMN Peraih Media Relations Awards 2016) , JAKARTA – Sebanyak 40 lembaga yang terdiri dari 10 kementerian, 10 lembaga negara, 10 BUMN, dan 10 perusahaan swasta berhasil meraih Anugerah The 1st PR INDONESIA Media Relations Awards & Summit (PRIMAS) 2016.

Acara yang digelar oleh Majalah PR Indonesia bekerjasama dengan PT Isentia Jakarta, di Kuta, Bali, Kamis (24/3/2016), dihadiri oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya, Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Niken Widyastuti, Dirut Garuda Indonesia M. Arif Wibowo, Dirut Telkomsel Ririk Ardiansyah, dan Deputi IV Kantor Staf Presiden (KSP) Eko Sulistyo.

Dalam kesempatan itu, selain bertindak sebagai keynote speaker, Menteri Pariwisata Arief Yahya menerima langsung penghargaan PRIMAS 2016 peringkat kelima untuk kategori Kementerian dari Majalah PR Indonesia. Piagam penghargaan diberikan oleh Deputi IV Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Infomasi, Kantor Staf Presiden (KSP) Eko Sulistyo.

“Selamat ulang tahun untuk Majalah PR Indonesia, semoga semakin sukses. Terima kasih dan selamat juga untuk Kemenpar yang sudah mendapatkan penghargaan media exsposure terbaik untuk kategori kementerian,” kata Arief di depan wartawan usai menerima penghargaan tersebut.

Acara yang mengangkat tema besar “PR Indonesia untuk Kejayaan Bangsa” dihadiri oleh Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo sekaligus Ketua Umum BAKOHUMAS Niken Widyastuti, Dirut PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk M. Arif Wibowo, Dirut PT Telekomunikasi Seluler (Tbk) Ririk Ardiansyah, dan Deputi IV Kantor Staf Presiden (KSP) Eko Sulistyo.

Selain itu, sejumlah tokoh public relations dari berbagai asosiasi/komunitas juga tampak hadir. Di antaranya President ASEAN Public Relations Network Prita Kemal Gani, President PR Society Indonesia Magdalena Wenas, President 2010 International Public Relations Association (IPRA) Elizabeth Goenawan Ananto, Ketua Umum Aosiasi Perusahaan Public Relations Indonesia (APPRI) Tipuk Satiotomo, dan Presidium Forum Humas BUMN Arif Prabowo.

Selain Kemenpar penerima penghargaan untuk kategori Kementerian yaitu Kementerian Perhubungan sebagai peringkat pertama, disusul Kemendikbud (peringkat II), dan Kemenkeu (Peringkat III), Kemen ESDM (Peringkat IV), Kemendag (Peringkat VI), Kemenkes (Peringkat VII), Kemendagri (Peringkat VIII), Kementan (Peringkat IX) dan Kemen PUPR (Peringkat X).

Media exposure terbaik kategori lembaga negara diraih oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia (Peringkat I), Tentara Nasional Indonesia (Peringkat II), dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di peringkat ketiga.

Berikutnya, Bank Indonesia (Peringkat IV), Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI (Peringkat V), Otoritas Jasa Keuangan (Peringkat VI), Kejaksaan Agung (Peringkat VII), Mahkamah Konstitusi (Peringkat VIII), Mahkamah Agung (Peringkat IX), dan Badan Pemeriksa Keuangan (Peringkat X).

“Awalnya kami tidak tahu kalau ada penilaian seperti ini. Tentu kami senang dapat penghargaan. Mulai saat ini kami tahu ada yang menilai sehingga ke depan akan kami kelola lebih serius,” kata Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub JA Barata kepada PR Indonesia di usai menerima penghargaan.

Apresiasi serupa disampaikan Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kemenkeu Neneng E Fatimah. Selama ini Kemenkeu selalu menjaga persepsi publik dengan menghadirkan berita-berita positif. Dengan pengelolaan yang kian profesional dan tidak menciptakan konflik, ia yakin ke depan Kemenkeu mampu mencapai prestasi lebih baik.

Di tempat yang sama Kepala Pusat Hubungan Masyarakat Kemendag Ani Mulyati, besyukur atas penghargaan ini. “Kami sangat bersyukur karena selama 2015 kami dapat memberikan storytelling yang positif kepada masyarakat. Ke depan untuk kejayaan PR Indonesia kita harus bisa memberikan lebih banyak lagi storytelling yang positif, sehingga dunia usaha makin optimis,” katanya.

Adapun kategori BUMN, Pertamina tampil menjadi peringkat pertama, disusul PT KAI (Peringkat II), PLN (Peringkat III), Bank BNI (Peringkat IV), Bank Mandiri (Peringkat V), PT Pelindo II (Peringkat VI), Bank BRI (Peringkat VII), Perum Bulog (Peringkat VIII), Garuda Indonesia (Peringkat IX), dan PT Telkom (Peringkat X).

“Penghargaan ini memacu kami lebih baik lagi berkiprah sebagai PR di BUMN untuk memberikan kontribusi nyata bagi Indonesia. Ke depan PR BUMN harus terus bersinergi untuk memajukan PR bangsa Indonesia,” kata Kepala Humas Pelindo II Sofyan Gumelar.

Sementara kategori perusahaan swasta nasional dan multinasional PT XL Axiata Tbk meraih peringkat pertama, lalu PT Telekomunikasi Selular Tbk (peringkat kedua), dan PT Astra Internasional Tbk pada peringkat ketiga. Disusul PT MRT Jakarta (Peringkat IV), PT Indofood Sukses Makmur Tbk (Peringkat V), PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Peringkat VI), PT Kalbe Farma Tbk (Peringkat VII), PT Bank Mandiri Syariah (Peringkat VIII), PT Bank BNI Syariah (Peringkat IX), dan PT Citilink Indonesia (Peringkat X).

“Penghargaan ini merupakan sebuah recognition. Di sisi lain penghargaan ini juga terus memacu untuk menjadi yang lebih baik. Kali ini kami dapat peringkat kedua, tapi tradisi kami selalu nomor satu, ini memacu kami untuk menjadi nomor satu,” kata VP Corporate Communication PT Telkomsel Adita Irawati.

Corporate Secretary Bank Syariah Mandiri Eka B Danuwirana bangga mendapatkan penghargaan PRIMAS 2016. “Kami bangga disandingkan dengan perusahaan multinasional. Bank Syariah kini memang mulai bangkit dari segi PR-nya. Ini yang dibutuhkan untuk bisa memastikan bahwa edukasi ke masyarakat sesuai amanah BI dan OJK berjalan,” ujarnya.

Anugerah The 1st PR INDONESIA Media Relations Awards & Summit (PRIMAS) 2016 digelar untuk mengapresiasi kementerian, lembaga, BUMN, dan swasta yang memiliki eksposur pemberitaan terbanyak di tahun 2015.

Metode penentuan pemenang dilakukan dengan melakukan monitoring atas pemberitaan di media cetak yang dilakukan oleh PT Isentia. Hasil monitoring dipilih Tim Juri PR Indonesia untuk ditentukan peringkatnya.

“Kami mendorong agar praktisi PR di kementerian, lembaga, BUMN, dan swasta meningkatkan kinerja dan menjalin hubungan baik dengan media sehingga kinerja unggulnya dapat diketahui publik,” kata penggagas acara, Asmono Wikan.

Di tempat yang sama, Country General Manager PT Isentia Luciana Budiman, mengatakan agar eksposur pemberitaan kementerian makin meningkat, kementerian harus aktif membuat pemeriksaan terhadap kinerja instansi di bawahnya.
“Selain itu mereka juga perlu mengaplikasikan kebijakan-kebijakan yang efektif yang dapat memperbaiki kinerja di ruang lingkupnya sehingga dapat dinikmati oleh masyarakat banyak,” katanya.

Selain penghargaan PRIMAS 2016, acara ulang tahun pertama Majalah PR Indonesia juga dirangkai dengan Deklarasi Komunitas PR Indonesia untuk Membangun Reputasi Bangsa, penyerahan penghargaan The 1st ICON PR INDONESIA, serta presentasi dan penyerahan penghargaan The 1st PR INDONESIA Research Summit and Awards (PRISA). Rangkaian acara tersebut dihadiri ratusan akademisi, praktisi public relations dari pemerintahan, BUMN, maupun korporasi swasta.

Daftar Peringkat The 1st PR INDONESIA Media Relations Awards & Summit (PRIMAS) 2016

Peringkat Kategori BUMN:

1.    PT Pertamina (Persero)
2.    PT Kereta Api Indonesia (Persero)
3.    PT PLN (Persero)
4.    PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk
5.    PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
6.    PT Pelindo II (Persero)
7.    PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk
8.    Perum Bulog
9.    PT Garuda Indonesia (Persero)Tbk
10.    PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk(red/ndira/ezkisari/IR)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Uri.co.id