Imbangi Belajar Islam bagi Anak di Tahun Ajaran Baru | Uri.co.id

Uri.co.id

Menu

Imbangi Belajar Islam bagi Anak di Tahun Ajaran Baru

Imbangi Belajar Islam bagi Anak di Tahun Ajaran Baru
Foto Imbangi Belajar Islam bagi Anak di Tahun Ajaran Baru

TAHUN ajaran baru sekolah telah menyita perhatian orangtua. Mereka ingin anak-anak semakin giat belajar dan mendapatkan nilai baik. Namun, sering kali kesibukan mengurus pendidikan akademis membuat orangtua abai pada pelajaran agama Islam.

Padahal, ilmu agama dan akademis harus berjalan beriringan. Seperti dilansir Soundvision, Selasa (19/7/2016) ada beberapa cara yang bisa dilakukan orangtua untuk mengimbangi pendidikan akademis dan agama pada anak di tahun ajaran baru ini. Berikut caranya.

Membaca Alquran setiap hari

Jika anak-anak sudah bisa membaca Alquran, cobalah atur waktu agar setiap harinya anak bisa membaca Alquran. Paling tidak satu halaman sehari, tetapi konsisten. Atau lewat hitungan waktu, lima sampai 10 menit.

Menghafalkan Juz Alquran

Pada tahun ajaran baru ini, dukung anak untuk menghafalkan satu surat pendek selama sepekan.

Mengikuti pengajian

Carilah pengajian terdekat yang cocok untuk diikuti anak-anak. Pastikan sekali dalam sepekan anak hadir ke pengajian.

Mengajak berhubungan dengan kerabat

Islam mengajarkan untuk menjaga tali silaturahmi. Untuk itu ajak anak-anak mengunjungi keluarga, saudara, dan sepupu mereka di akhir pekan. Atau bisa juga menjaga hubungan via skype, email, atau Facebook.

Membaca buku-buku Islam

Buku-buku Islam dapat menambah ilmu dan kualitas diri dalam menjalani hidup. Imbangi buku-buku bacaan anak dengan buku Islam. Jangan hanya cerita dongeng atau fiksi. (vin)

(uri/inda/estiana/utri/WDP)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Uri.co.id