Wow, Konsumsi Kalsium Bisa Menurunkan Berat Badan | Uri.co.id

Uri.co.id

Menu

Wow, Konsumsi Kalsium Bisa Menurunkan Berat Badan

Wow, Konsumsi Kalsium Bisa Menurunkan Berat Badan
Foto Wow, Konsumsi Kalsium Bisa Menurunkan Berat Badan

KALSIUM adalah mineral yang sangat penting bagi tubuh manusia. Kalsium mempunyai manfaat sebagai metabolisme dalam tubuh, penghubung antar saraf, kerja jantung, dan pergerakan otot.

Sebelumnya, kebanyakan orang menganggap, mengonsumsi kalsium akan menaikan berat badan. Tetapi, hal itu ternyata salah besar. Menurut Emilia E. Achmadi, MS., RD salah satu Pakar Nutrisi Atlet, mengonsumsi kalsium justru bisa menurunkan berat badan.

"Salah satu aspek mengonsumsi kalsium adalah menurunkan berat badan. Tetapi dilihat juga dari sisi psikologisnya saat mengonsumsi kalsium tersebut," kata Emilia saat ditemui di kawasan Jalan Jendral Sudirman, Jakarta Pusat (19/7/2016).

Emilia menambahkan, penurunan berat badan tersebut, harus diikuti dengan adanya aktivitas sel, yaitu membakar energi dalam tubuh. Dengan begitu, energi yang dikeluarkan akan menjadi lebih banyak.

"Kalau berbicara secara biologis, memang ion kalsium itu kelihatannya mempunyai kemampuan untuk meningkatkan aktivitas sel. Kalau kita berbicara membakar energi itu adalah aktivitas sel. Kalau aktivitas selnya ditingkatkan, maka energi yang dikeluarkan akan menjadi lebih banyak. Di situlah kaitannya ion kalsium dan membuat sel menjadi lebih aktif, serta membakar energi lebih banyak," jelas Emilia.

"Saat membakar energi lebih banyak, kita mengatur asupan makanan menjadi devisit. Energi yang keluar kita tekan menjadi lebih besar, otomatis dengan berjalannya waktu terjadi penyusutan berat badan itu sendiri," pungkasnya. (hel)

(uri/ulkifli/arbun/JM)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Uri.co.id