Menkes: RS Swasta Boleh Beli Vaksin Impor jika dari Distributor Resmi | Uri.co.id

Uri.co.id

Menu

Menkes: RS Swasta Boleh Beli Vaksin Impor jika dari Distributor Resmi

  • Reporter:
  • Minggu, Juli 31, 2016
Menkes: RS Swasta Boleh Beli Vaksin Impor jika dari Distributor Resmi
Foto Menkes: RS Swasta Boleh Beli Vaksin Impor jika dari Distributor Resmi

KEMENKES mengungkapkan, imunisasi wajib di Posyandu, Puskesmas, Rumah Sakit Pemerintah, serta yang dilaksanakan di rumah sakit atau pelayanan kesehatan swasta, kini telah mencapai 92,3 persen, data tahun 2015. Orangtua memang bisa melakukan vaksin yang disediakan oleh pemerintah maupun faskes swasta.

"Pemerintah menyediakan vaksin untuk melakukan imunisasi wajib, tetapi vaksin wajib juga bisa dilakukan dengan vaksin impor," kata Menkes Nila F Moelek di Gedung Adhyatma, Kementerian Kesehatan, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (19/7/2016).

Rumah sakit swasta dapat mengambil vaksin yang berasal dari program pemerintah. Vaksin yang biasanya digunakan oleh pemerintah adalah menggunakan produk vaksin Biofarma. Tetapi, tak menutup kemungkinan rumah sakit swasta dapat mengambil vaksin impor.

"Rumah sakit swasta boleh membeli vaksin impor. Tetapi vaksin impor ini, jika diambil dari distribusi yang resmi, vaksin ini tentu asli. Jika vaksin diambil dari distributor yang tidak resmi, ini yang diragukan" jelas Menkes Nila.

Ia menambahkan bahwa vaksin ilegal atau berasal dari distributor yang tidak resmi, terbukti kandungannya tidak tepat atau tidak sesuai. Menkes Nila merasa dengan penggunaan vaksin resmi dari pemerintah sudah cukup untuk memenuhi kewajiban vaksin. (hel)

(uri/Akbar/M)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Uri.co.id