Menkes: Vaksin Palsu Tidak Timbulkan Efek Samping | Uri.co.id

Uri.co.id

Menu

Menkes: Vaksin Palsu Tidak Timbulkan Efek Samping

Menkes: Vaksin Palsu Tidak Timbulkan Efek Samping
Foto Menkes: Vaksin Palsu Tidak Timbulkan Efek Samping

MENANGGAPI kembali persoalan vaksin palsu, Kementerian Kesehatan menyikapi persoalan vaksin palsu dengan melakukan pengulangan vaksin, dimulai dari wilayah Ciracas pada 18 Juli silam.

Menkes RI Prof Nila F Moeloek bersama jajaran komite kesehatan menyatakan rasa prihatin terhadap vaksin palsu, terutama pada orangtua dan anak yang terindikasi disuntik vaksin palsu. Mengetahui banyaknya orangtua yang khawatir anaknya terpapar dampak vaksin palsu, Menkes menyatakan hasil dari penelusuran, yaitu tak ada efek yang berbahaya dari vaksin palsu tersebut.

"Secara ilmiah, kandungan vaksin palsu yang diperiksa oleh Badan POM tidak menimbulkan efek samping pada kesehatan," ujar Menkes di Gedung Adhyatma, Kementerian Kesehatan, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (19/7/2016).

Karena itu, Menkes Nila menyampaikan, Kementerian Kesehatan melakukan verifikasi ulang data anak yang terpapar vaksin palsu. "Pemerintah melakukan vaksinasi wajib ulang di fasilitas pelayanan kesehatan yang telah ditunjuk oleh dinas kesehatan setempat berkoordinasi dengan IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia)," tambahnya.

Ia mengingatkan kembali bahwa vaksinasi wajib ulang ini tak dikenakan biaya. Orangtua tak perlu mengkhawatirkan pengulangan atau penambahan vaksin yang diberikan oleh pemerintah. (hel)

(uri/ian/iratmaja/FF)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Uri.co.id