Kenali Penyebab Wiper Mobil Bunyi Berdecit | Uri.co.id

Uri.co.id

Menu

Kenali Penyebab Wiper Mobil Bunyi Berdecit

Kenali Penyebab Wiper Mobil Bunyi Berdecit
Foto Kenali Penyebab Wiper Mobil Bunyi Berdecit

JAKARTA – Bunyi berdecit pada wiper seringkali didengar pengguna mobil. Kondisi tersebut bisa mengganggu pengemudi saat hujan serta bisa menyebabkan kaca tergores.

Menurut Andre, mekanik Mirza Autocare, bunyi pada wiper biasanya disebabkan kondisi perangkat penyapu air hujan tersebut mengalami kerusakan atau usia pakainya sudah melebihi batas.

"Kondisi karet wiper yang sudah tidak baik membuat tingkat kelenturannya tidak maksimal saat bekerja menyapu air hujan pada kaca. Gesekan antara karet dan kaca itulah yang menimbulkan bunyi," ungkap Andre.

Penyebab lainnya juga bisa karena kotoran yang menumpuk di antara karet wiper. Saat digunakan kotoran yang menjadi kerak inilah yang menimbulkan suara akibat gesekan dengan kaca.

Andre menambahkan, tangkai wiper bengkok menjadi penyebab muncul bunyi lainnya. Tangkai yang tidak presisi menyebabkan karet tidak rata menyeka kaca.

"Dari seluruh faktor tersebut, ada baiknya lakukan perawatan dan penggantian wiper sesuai usia pemakaiannya," pintanya. (ton)

(uri/aufik/ahman/TR)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Uri.co.id