Siapakah Fethullah Gulen, Sekutu Erdogan yang Akhirnya Jadi Musuh | Uri.co.id

Uri.co.id

Menu

Siapakah Fethullah Gulen, Sekutu Erdogan yang Akhirnya Jadi Musuh

Siapakah Fethullah Gulen, Sekutu Erdogan yang Akhirnya Jadi Musuh
Foto Siapakah Fethullah Gulen, Sekutu Erdogan yang Akhirnya Jadi Musuh

URI.co.id, JAKARTA — Nama Fethullah Gulen, ulama berusia 75 tahun yang kini menetap di AS, kembali menjadi buah bibir di Turki. Sebab, Gulen disebut-sebut sebagai dalang kudeta militer yang gagal menggulingkan Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Bukan kali ini saja Gulen dituding hendak menggulingkan Erdogan. Beberapa tahun lalu saat skandal korupsi dan suap menjerat orang-orang dekat Erdogan, nama Gulen kembali dituduh sebagai penggerak penyidikan polisi dan kejaksaan saat itu.

Lalu siapakan Fethullah Gulen pendiri “Gerakan Gulen” dan pernah menjadi sekutu dekat Recep Tayyip Erdogan?

Dari sekutu menjadi musuh

Baru tiga tahun lalu, Gulen masih merupakan karib sekaligus sekutu Erdogan, yang saat itu masih menjabat perdana menteri , dan memainkan peran penting terkait meroketnya karier politik Erdogan.

Para pendukung Gulen, yang banyak bekerja di institusi kehakiman dan kepolisian, mendukung upaya menyingkirikan musuh pemerintah, khususnya anggota militer, yang diduga merancang upaya kudeta.

Namun, keduanya menjadi musuh besar setelah pada 2013, Erdogan dan Partai Pembangunan dan Keadilan (AKP) yang berkuasa menuding Gulen merancang tuduhan korupsi yang menjerat sejumlah pejabat senior dan putra Erdogan, Bilal.

(uri/amanhuri/uhri/DZ)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Uri.co.id