Pria Ini Mampu Bertahan Hidup dengan Jantung Buatan | Uri.co.id

Uri.co.id

Menu

Pria Ini Mampu Bertahan Hidup dengan Jantung Buatan

Pria Ini Mampu Bertahan Hidup dengan Jantung Buatan
Foto Pria Ini Mampu Bertahan Hidup dengan Jantung Buatan

AMERIKA – Stan Larkin, seorang lelaki asal Michigan, Amerika Serikat berhasil hidup tanpa jantung alami selama 555 hari. Ia mengalami kondisi langka yang disebut familial cardiomyopathy. Hal ini diketahui setelah ia secara tiba-tiba pingsan saat bermain basket.

Hal ini membuat jantung Stan tidak bisa memompa darah ke seluruh tubuh secara normal. Hal sama pun dialami oleh sang adik, Dominique yang juga mengalami kondisi yang sama. Keduanya sama-sama menunggu donor jantung dan berita buruknya, donor jantung ada tak bisa cepat karena ketersediaannya bisa bertahun-tahun.

Untuk dapat bertahan hidup, Stan dan Dominique harus menggunakan jantung buatan. Dominique memilih menggunakan jantung buatan itu dan bertahan di rumah sakit selama enam pekan, sedangkan Stan lebih memilih menggunakan jantung buatan itu untuk beraktivitas.

Jantung buatan itu ditelakkan di dalam mesin yang disebut dengan Syncardia yang terpasang melalui dua tabung yang keluar dari bawah tulang rusuk Stan. Mesin itu berada di dalam ransel yang dapat dibawa Stan kemanapun. Jadi, selama 18 bulan Stan membawa tas yang isinya mesin untuk jantung buatannya. (amr)

(uri/asilda/milah/CA)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Uri.co.id