Penantian 20 Tahun, Pohon Pisang di Inggris Akhirnya Berbuah | Uri.co.id

Uri.co.id

Menu

Penantian 20 Tahun, Pohon Pisang di Inggris Akhirnya Berbuah

Penantian 20 Tahun, Pohon Pisang di Inggris Akhirnya Berbuah
Foto Penantian 20 Tahun, Pohon Pisang di Inggris Akhirnya Berbuah

INGGRIS – Setelah 20 tahun menanti, akhirnya pasangan Inggris ini dapat menikmati buah pisang di kebun belakang mereka untuk pertamakali.

Adalah Nida Mordaunt, 60. Dia membawa akar pohon pisang kecil dari kampung halamannya di Filipina dan ditanam di rumahnya yang baru di Inggris. Uniknya, pohon ini baru berbuah setelah 2 dekade ditanam.

Pohon yang memiliki tinggi enam kaki atau 1,8 meter ini akhirnya dapat dinikmati Nida bersama suaminya, Henry, 72. Pohon yang tumbuh di daerah eksotik ini diduga dapat bertahan lantaran musim dingin yang hangat dan musim panas yang lembab di Quedgley, Gloucester. Dikutip Madiunpos dari Mirror, Senin (17/7/2016), lusinan tandan pisang dihasilkan pohon ini.

Pasangan ini berharap dapat segera menikmati pisang masak tersebut dalam sebulan ke depan. Keduanya juga berencana menggelar pesta pisang.

Henry yang pernah menjadi dewan pengawas dan kini menjadi kakek berkata,”Kami sangat takjub dengan pohon pisang yang berbuah untuk pertamakalinya ini. Kami tidak percaya hal ini dapat terjadi. Ketika kami mengetahui hal ini untuk pertamakali, kami tidak berhenti terheran-heran dan terus memantau. Saya tidak tahu mengapa hal ini dapat terjadi. Mungkin saja karena musim dingin kali ini lebih hangat. Jika buah ini terus bertahan dan bertumbuh, saya rasa sebulan lagi kita dapat menikmati pisang matang. Jika ini terjadi, kami akan mengundang teman-teman untuk berpesta,” paparnya.

Pasangan ini diketahui membungkus pohon tersebut setiap musim dingin untuk memberikan perlindungan. Selama bertahun-tahun mereka melakukan ini dan tidak menyangka pohon itu berbunga pada April lalu.

Lingkungan perkotaan di daerah barat dapat menjadi lahan yang subur bagi pohon pisang. Asalkan pohon ini ditopang situasi yang mendukung, seperti musim dingin yang lebih bersahabat.

Kepala Pertanian dari Royal Horticultural Society, Guy Barter mengatakan,” Tahun ini udara terasa hangat sehingga di awal musim panas, pohon pisang ini berbuah. Apalagi kita tahu, pohon pisang membutuhkan kehangatan untuk bertahan. Musim dingin yang bersahabat membuat daun pohon pisang dapat bertahan,” papar dia,

Umur pohon pisang yang panjang menjadi penyebab tumbuhan ini dapat bertahan dan berbuah. Usia ini membuat sistem pertumbuhan akar juga lebih kuat.

Bulan Juni yang basah membuat pohon pisang di Inggris dapat berbuah.“Dengan siswa musim panas yang masih terjadi, saya berpikir buah tersebut akan matang untuk dikonsumsi sehingga dapat dimanfaatkan pemilik,” ungkap dia. (amr)

(uri/ndira/ezkisari/IR)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Uri.co.id