Jika Tubuh Anda Tiba-Tiba Tersentak Saat Tidur, Ini Penyebabnya | Uri.co.id

Uri.co.id

Menu

Jika Tubuh Anda Tiba-Tiba Tersentak Saat Tidur, Ini Penyebabnya

Jika Tubuh Anda Tiba-Tiba Tersentak Saat Tidur, Ini Penyebabnya
Foto Jika Tubuh Anda Tiba-Tiba Tersentak Saat Tidur, Ini Penyebabnya

URI.co.id, Jakarta Seberapa sering tubuh Anda tiba-tiba tersentak saat mulai jatuh tertidur? Walaupun tidak terjadi untuk pertama kali, kejadian ini pasti menimbulkan rasa kaget yang dapat mengganggu waktu istirahat Anda, walaupun hanya untuk sesaat.

Saat Anda mulai 'menghilang' ke dunia mimpi dan tenggelam dalam tidur yang nyenyak, tiba-tiba ada perasaan terjatuh atau perasaan sesuatu yang menimpa wajah Anda dan membangunkan Anda dengan cara mengejutkan, siapa yang tidak terganggu? Mungkin tidak banyak orang yang merasa penasaran dengan fenomena yang umum terjadi, namun para ilmuwan memiliki jawaban akan perasaan mengagetkan yang sering timbul saat tidur ini.

Seperti yang dilansir dari Highperperspective pada Senin (18/7/2016), disebut dengan hypnic jerk, perasaan yang mirip dengan rasa sedang terjatuh ini juga sering dideskripsikan dengan setan yang sedang mencekik. Para ilmuwan menemukan bahwa penyebab eksternal seperti kafein dan tembakau dapat meningkatkan frekuensi terjadinya hypnic jerk ini kepada Anda. Mereka menganjurkan untuk menghindari minuman berkafein beberapa jam menjelang waktu tidur. Obat-obatan seperti Adderall atau Ritalin juga dapat memberikan efek yang serupa dengan kafein atau tembakau, demikian pula dengan kurangnya waktu tidur seseorang. 

Hypnic jerk sering terjadi pada orang yang sedang tertidur dengan cepat akibat kelelahan. Meskipun jarang terjadi, saat tubuh sedang kelelahan, otak akan memroses tahap-tahap tidur dengan cepat, membuat sistem tubuh kebingungan dan menimbulkan hypnic jerk. Tubuh kemudian memberi respons dengan menyentak Anda terjaga dengan ledakan kimia dalam tubuh dan membuat otak menafsirkannya dengan membangun mimpi yang dirancang untuk membangunkan Anda. Hal ini adalah dasar terjadinya hypnic jerk atau tubuh yang tiba-tiba tersentak saat mulai tertidur.

 

 

(uri/azliansyah/H)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Uri.co.id