Puncak Arus Balik, Waspada Titik Horor Kemacetan Ini di Tol Cikampek | Uri.co.id

Uri.co.id

Menu

Puncak Arus Balik, Waspada Titik Horor Kemacetan Ini di Tol Cikampek

Foto Puncak Arus Balik, Waspada Titik Horor Kemacetan Ini di Tol Cikampek

Uri.co.id (Puncak Arus Balik, Waspada Titik Horor Kemacetan Ini di Tol Cikampek) , JAKARTA – Hingga siang ini arus kendaraan menuju Jakarta setelah libur panjang akhir pekan belum tampak mengalami kepadatan.

Lonjakan arus balik kendaraan diperkirakan akan berlangsung pada sore hingga malam hari, Minggu (27/3/2016).

Masyarakat dihimbau untuk waspada titik kepadatan yang berada di Tol Cikampek yang merupakan pertemuan dua arus kendaraan.

Wakil Direktur Utama PT Lintas Marga Sedaya, Hudaya Arryanto mengatakan, salah satu hal yang perlu diantisipasi adalah imbas kepadatan akibat pertemuan arus kendaraan dari arah tol Cipularang dan tol Cipali di tol Cikampek KM 66 yang ekor antreannya dapat mencapai Gerbang Tol Cikopo.

“Apabila ekor antrian dari tol Cikampek KM 66 berimbas hingga ke Gerbang Tol Cikopo, kemungkinan Kepolisian akan mengatur laju arus keluar dari Gardu Tol (GT) Cikopo agar tidak menambah penumpukan di tol Cikampek,” ujar Hudaya dalam keterangannya seperti dikutip Detik.

Lalulintas harian rata-rata sepanjang tol Cipali diperkirakan meningkat 40 persen.

Biasanya rata-rata arus kendaraan per harinya bisa mencapai 25 ribu kendaraan.

Untuk mengantisipasi hal itu maka dilakukan sejumlah persiapan di lapangan, antara lain dengan membuka maksimal gerbang-gerbang tol utama, yaitu 15 gardu di pintu tol Cikopo dan 11 gardu di Palimanan.

Jumlah ini masih ditambah lagi dengan 6 gardu satelit tambahan.

Di dua gardu utama tersebut dengan menambah jumlah petugas tol hingga 40%.

Berdasarkan data terakhirnya, jumlah kendaraan yang masuk di gerbang Cikopo pada Kamis, 24 Maret 2016 dan Jumat, 25 Maret 2016 masing-masing sebesar 27.700 dan 24.900 kendaraan, naik dibanding rata-rata 15.000 kendaraan per hari.

“Kami berharap upaya ini juga dapat mengantisipasi puncak jumlah kendaraan arus balik pada hari Minggu, 27 Maret nanti yang diperkirakan akan mencapai sekitar 35.000 kendaraan,” jelas Hudaya.

Tak hanya itu, pihaknya juga menambah persediaan uang kembalian menjadi sekitar Rp 1 miliar per hari untuk memudahkan dan mempercepat proses transaksi di gardu tol.

Untuk dapat menampung peningkatan jumlah pengguna saat arus balik, pihak pengelola tol juga menyediakan tambahan 3 truk toilet di rest area, serta tambahan pasokan suplai air dari water tank.

Terdapat 8 (delapan) rest area di tol Cipali, di antaranya untuk arah ke Jakarta tersedia di KM 164 (dengan SPBU), KM 130, KM 101 (dengan SPBU) dan KM 86. Apabila toilet atau rest area penuh, pengunjung diarahkan untuk menggunakan rest area berikutnya.(red/irin/iechtiana/RL)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Uri.co.id