Ini Sebenarnya yang Bikin Taksi Konvensional Lebih Mahal | Uri.co.id

Uri.co.id

Menu

Ini Sebenarnya yang Bikin Taksi Konvensional Lebih Mahal

Foto Ini Sebenarnya yang Bikin Taksi Konvensional Lebih Mahal

Uri.co.id (Ini Sebenarnya yang Bikin Taksi Konvensional Lebih Mahal) , JAKARTA – Kisruh transportasi berbasis aplikasi online di Jakarta baru-baru ini dengan taksi konvensional dipicu tidak adanya kesetaraan.

Aangkutan online dinilai tidak mengikuti aturan main berangkutan umum yang telah ditetapkan pemerintah sehingga menimbulkan kesenjangan.

Salah satu yang memicu kesenjangan adalah tarif angkutan online yang lebih murah di luar ketetapan tarif pemerintah.

“Mengapa taksi legal lebih mahal, karena harus izin operasional yang mahal, menyediakan pool, bayar pajak dan sebagainya,” kata Pengamat Transportasi Publik, Dharmaningtyas dalam diskusi di Kampus Moestopo, Senayan, Jakarta, Kamis (24/3/2016).

Menurut Dharmaningtyas seperti dilaporkan Detik, kalau saja pemerintah mau ambil jalan tengah, yang legal diminta merevisi bisnis plan dan dikurangi bebannya sehingga tarif lebih murah, yang ilegal disuruh memenuhi persyaratan-persyaratan sehingga mereka mengeluarkan cost tambahan dan bisa menaikkan tarif ditingkatkan sedikit.

“Sehingga ketemu di tengah. Nanti kalau sudah ketemu di tengah tinggal bersaing apple to apple. Mana yang lebih kompetitif kalau ternyata akhirnya yang ilegal setelah legal lebih kompetitif berarti yang sekarang legal membenahi bisnisnya,” urai dia.

“Jangan terjebak pada online tidak online tapi legal dan ilegal. Karena yang legal pun Blue Bird, Taxiku, Express sudah pakai online jadi bukan masalah online dan tidak online tapi legal dan tidak legal,” ujar dia dia.

(red/Amin/adani/MM)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Uri.co.id