Festival Holi Ramai Diperbincangkan Hari Ini (24/3/2016), Ada Apa? | Uri.co.id

Uri.co.id

Menu

Festival Holi Ramai Diperbincangkan Hari Ini (24/3/2016), Ada Apa?

Foto Festival Holi Ramai Diperbincangkan Hari Ini (24/3/2016), Ada Apa?

Uri.co.id (Festival Holi Ramai Diperbincangkan Hari Ini (24/3/2016), Ada Apa?) , JAKARTA – Festival Holi menjadi simbol yang diberikan Google Doodle hari ini, Kamis (24/3/2016). Lalu apa itu Festival Holi yang dipasangkan Google? Adakah makna di balik simbol Festival Holi?

Menurut situs informasi Wikipedia, Festival Holi adalah festival awal musim semi yang dirayakan di India, Nepal, Bangladesh, dan negara-negara yang memiliki penduduk beragama Hindu seperti Suriname, Guyana, Afrika Selatan, Trinidad, Britania Raya, Mauritius, dan Fiji.

Holi dirayakan secara besar-besaran di kawasan Braj di tempat-tempat yang berkaitan dengan Sri Kresna seperti Mathura, Vrindavan, Nandagaon, dan Barsana.

Kota-kota tersebut ramai didatangi wisatawan selama musim festival Holi yang berlangsung hingga 16 hari.

Menariknya Festival Holi bagi wisatawan adalah pesta semburat warna yang sangat meriah yang menjadi bagian dari ritual Festival Holi.

Holi dirayakan pada akhir musim dingin ketika phalgun purnima, bulan purnama terakhir bulan pada bulan phalguna menurut kalender lunar.

Biasanya bertepatan dengan akhir Februari atau awal Maret. Pada tahun 2009, Holi (Dhulandi) jatuh pada tanggal 11 Maret dan Holika Dahan pada 10 Maret.

Akhir Festival Warna disebut Rangapanchami yang terjadi pada saat Panchami (hari ke-5 bulan purnama).(red/rik/urnama/utra/EPP)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Uri.co.id