Gerhana Bulan Panumbra Tengah Berlangsung, yang di Jawa Timur Bisa Cek Sendiri | Uri.co.id

Uri.co.id

Menu

Gerhana Bulan Panumbra Tengah Berlangsung, yang di Jawa Timur Bisa Cek Sendiri

  • Reporter:
  • Rabu, Maret 23, 2016
Foto Gerhana Bulan Panumbra Tengah Berlangsung, yang di Jawa Timur Bisa Cek Sendiri

Uri.co.id (Gerhana Bulan Panumbra Tengah Berlangsung, yang di Jawa Timur Bisa Cek Sendiri) , SURABAYA – Fenomena antaraksa kembali terjadi. Setelah pada 9 Maret lalu gerhana terjadi pada cahaya matahari di siang hari, maka saat ini, 23 Maret 2016, gerhana perjadi pada cahaya bulan. Fenomena ini disebut gerhana bulan panumbra.

Menurut Prakirawan Stasiun Meteorologi BMKG Kelas I Juanda, Taufik Hermawan, gerhana yang akan terjadi pada Rabu malam ini ketika bulan terbit di ufuk timur. Gerhana akan terjadi sekira pukul 16.36 WIB. Puncaknya diperkirakan pukul 18.46 WIB dan berakhir sekira pukul 20.57 WIB.

“Jika cuaca benar-benar cerah maka gerhana bulan penumbra dapat diamati,” kata Prakirawan Stasiun Meteorologi BMKG Kelas I Juanda, Taufik Hermawan, baru-baru ini.

Ia menjelaskan, gerhana bulan penumbra ini terjadi karena terhalangnya cahaya matahari oleh bumi, sehingga cahaya tersebut tidak semua sampai ke bulan.

Sepanjang 2016 ini, Taufik mengatakan akan terjadi tiga kali gerhana penumbra yakni pada 23 Maret, 18 Agustus dan 17 September mendatang.

Untuk diketahui, gerhana bulan penumbra adalah seluruh bagian bulan berada di bagian penumbra, sehingga bulan masih dapat terlihat dengan warna yang suram.

Gerhana ini terjadi ketika bulan sebagai satelit yang mengelilingi bumi melintas di wilayah bayangan gelap bumi, tepatnya di wilayah bayangan gelap kabur atau penumbra.

Saat gerhana penumbra terjadi, bulan seolah tidak mengalami gerhana dan tetap bersinar seperti biasanya. Namun jika diamati secara detail dengan teleskop, akan tampaklah wilayah permukaan yang sedikit gelap.(red/Akbar/M)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Uri.co.id