Begini Ekspresi Rizal Ramli Saat Sarannya Diterima Jokowi Soal Blok Masela | Uri.co.id

Uri.co.id

Menu

Begini Ekspresi Rizal Ramli Saat Sarannya Diterima Jokowi Soal Blok Masela

Foto Begini Ekspresi Rizal Ramli Saat Sarannya Diterima Jokowi Soal Blok Masela

Uri.co.id (Begini Ekspresi Rizal Ramli Saat Sarannya Diterima Jokowi Soal Blok Masela) , JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan proyek kilang gas bumi (liquefied natural gas/LNG) di Blok Abadi, Masela dibangun di darat (onshore).

Keputusan itu didasari sejumlah pertimbangan di antaranya biaya yang murah dan memberikan dampak perekonomian sekitar sehingga terbuka lapangan kerja baru.

Keputusan Blok Masela itu sontak saja membuat Menko Maritim Rizal Ramli gembira. Pasalnya selama ini Rizal Ramli yang bersikeras mengusulkan agar Blok Masela dibangun Onshore atau di darat.

Berbeda dengan Menteri ESDM Sudirman Said melalui SKK Migas yang lebih mempertimbangkan pembangunan Blok Masela di laut atau Offshore.

— Dr. Rizal Ramli (@RamliRizal) March 23, 2016

Berikut pernyataan lengkap Jokowi soal blok Masela, Rabu (23/3/2016).

“Blok Masela, setelah melalui banyak pertimbangan yang masuk dan input yang diberikan kepada saya, ini juga adalah proyek jangka panjang, tidak hanya setahun dua tahun, belasan tahun. Tapi proyek panjang menyangkut ratusan triliun rupiah, oleh sebab itu, dari kalkulasi perhitungan pertimbangan-pertimbangan, yang sudah saya hitung, kita putuskan dibangun di darat.

Kita ingin ekonomi daerah juga ekonomi nasional terimbas dari adanya pembangunan Blok Masela, juga pembangunan wilayah. Kita ingin terkena dampak pembangunan besar proyek Masela,” ujar Jokowi.

Dan setelah keputusan ini, akan ditindaklanjuti Menteri ESDM dan SKK Migas saya kira itu yang bisa saya sampaikan.”

Seperti diketahui, Inpex dan Shell telah menyiapkan skenario pembangunan proyek Masela di laut (offshore), dengan alasan biaya investasinya lebih murah. Namun hal itu ditentang oleh Menko Maritim Rizal Ramli.

“Kami sebagai penanggung jawab sektor akan menyampaikan ke investor untuk mengkaji ulang seluruh keputusan, karena keputusan investasi diambil di akhir 2018,” tutur Sudirman di Bandara Soepadio, Pontianak, Kalimantan Barat, saat mendampingin Presiden Jokowi usai mengumumkan proyek Blok Masela.

(sta/)

(red/udha/anggala/utri/YMP)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Uri.co.id