Tips Memilih Jaket Nyaman dan Aman untuk Berkendara Mudik | Uri.co.id

Uri.co.id

Menu

Tips Memilih Jaket Nyaman dan Aman untuk Berkendara Mudik

Foto Tips Memilih Jaket Nyaman dan Aman untuk Berkendara Mudik

JAKARTA – Memilih jaket yang akan digunakan untuk melakukan perjalanan mudik sangat perlu menjadi perhatian bagi pengendara sepeda motor. Pemilihan bahan jaket yang benar akan memberi kenyamanan pengendara selama melakukan perjalanan mudik.

Menggunakan jaket tebal menjadi masalah di siang hari. Berkeringat membuat banyak cairan tubuh berkurang, dan akibatnya konsentrasi menurun. Namun jika menggunakan jaket berbahan parasut tipis, selain tidak memberikan keamanan kepada pengendara, jaket ini juga tak mampu untuk mengarungi perjalanan jauh.

Menurut Rifat Sungkar, selaku pemerhati safety riding, memilih jaket untuk berkendara sepeda motor saat mudik harus memiliki syarat khusus, baik dari sektor kenyamanan maupun keamanannya.

"Kalau jaket sepeda motor, selain bahannya khusus, biasanya memiliki ventilasi udara di bagian leher belakang serta di bawah ketiak," jelas Rifat, Minggu (3/7/2016).

Adanya sirkulasi udara pada jaket memungkinkan suhu panas tubuh dalam jaket tidak terlalu tinggi yang bisa menyebabkan intensitas keringat tinggi dan mengurangi cairan tubuh pengendara.

Guna menambah tingkat keamanan pengendara, gunakan jaket yang telah dilengkapi protektor di bagian siku, dada, dan pundak. Perangkat keamanan tambahan juga penting dilengkapi untuk bagian kaki seperti pelindung tulang kering. (ton) (uri/irin/iechtiana/RL)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Uri.co.id