11 Alasan Kemunculan IPhone SE Sangat Beresiko dan Meragukan | Uri.co.id

Uri.co.id

Menu

11 Alasan Kemunculan IPhone SE Sangat Beresiko dan Meragukan

Foto 11 Alasan Kemunculan IPhone SE Sangat Beresiko dan Meragukan

Uri.co.id (11 Alasan Kemunculan IPhone SE Sangat Beresiko dan Meragukan) , JAKARTA – Apple akhirnya resmi meluncurkan iPhone SE di markas besar Apple di Cupertino, California, Amerika Serikat, Senin malam (21/3/2016).

Dalam kesempatan itu produk Apple iPhone SE dipresentasikan oleh VP of iPhone Marketing, Greg Joswiak.

“Kita di sini hari ini hanya untuk membincangkan ponsel terkecil,” kata Joswiak seperti dikutip The Verge.

Joswiak mengakui bahwa sebagian besar masyarakat mencintai ponsel kecil. Dan menjadi catatan bagi Apple bahwa pembeli pertama produk mereka ada pada ponsel 4 inch di mana mampu terjual 30 juta unit.

Namun tetap saja di balik itu hadirnya iPhone SE sangatlah beresiko bagi Apple sendiri. Terutama dari sisi penjualan produk iPhone lain sebelumnya. Mengapa?

Berikut 25 alasan iPhone SE sangat beresiko bagi Apple seperti dikutip dari Forbes, Selasa (22/3/2016).

1. Penjualan iPhone melesu
Pencapaian bulan Januari dalam penjualan iPhone bisa dibilang tidak menggembirakan. Pertumbuhan year on year saja hanya mencapai satu persen.

Bahkan CEO Apple Tim Cook mencatat penjualan di kuartal pertama merupakan penjualan terburuk dalam sejarah iPhone. Hal ini tentu menjadi beban bagi iPhone SE untuk meruntuhkan catatan buruk itu.

2. iPhone SE bukanlah sesuatu yang istimewa
Apple mulanya ingin menyuguhkah sesuatu yang baru dengan teknologi dan desain sama sekali baru lewat iPhone 7.

Namun setelah rumor bulan September tahun lalu, kini Apple hanya meluncurkan kombinasi iPhone 5S, yakni iPhone SE meski dengan keunggulan lebih tinggi.

3. Ekspektasi publik tergerus
Apple gagal membuat dan mengatur harapan publik dalam peluncuran pasca iPhone 5S. Pasalnya sejumlah analis dan reviewers berharap ada agresvitas untuk menandingi pasar android lewat iPhone SE.

4. Adakah kelanjutan dari euforia iPhone SE?
Pertanyaan ini penting dan mungkin sulit dijawab oleh Apple melihat tanda-tanda performa iPhone belakangan ini.

5. Benarkah publik mengharapkan iPhone SE?
Setelah sejumlah rumor, ulasan, dan publikasi dilancarkan terkait iPhone SE, benarkah itu bagian dari representasi publik untuk membeli iPhone SE?

6. Menjual model yang sama
Apa yang baru jika hanya kombinasi antara iPhone 5S dan 6S. Dai sisi desain terutama para pecinta iPhone tidak menemukan sesuatu yang baru.

7. Dapatkan iPhone SE bertahan di Amerika Serikat?
Pasar memperkirakan iPhone SE bakal populer di Eropa dan Jepang.

8. iPHone akan dianggap sebagai ponsel baru
Produk iPhone SE akan divonis sebagai ponsel baru meski sesungguhnya ini hanyalah pembaharuan atau upgrade dari seri sebelumnya.

9. Perlahan akan membunuh iPhone 6
Anda tahu berapa penjualan yang baru dibukukan iPhone 6? Jika penjualan iPhone menurun pada awal Januari lalu. Boleh jadi ini akan menggerus penjualan iPhone 6 dengan kehadiran iPhone SE

10. Bukan Strategi Apple
Salah satu strategi andalan Apple menjual iPhone adalah mempromosikan produk terbaru iPhone kepada pengguna setia iPhone untuk mengupgrade ponsel mereka.

Hal ini tentu ujian bagi iPhone SE untuk bisa lebih baik dari seri sebelumnya.

Sayangnya, iPhone 5S masih termasuk device yang cukup tangguh bagi pengguna. Menjual iPhone dengan menawarkan “Ponsel ini memiliki kekuatan lebih” kepada konsumen lain dengan membandingkan pada pengguna device lain bukanlah strategi Apple, melainkan Strategi Samsung.

11. Lalu di mana resikonya?
iPhone SE adalah penjualan teraman. Tidak ada surprise atau kejutan besar dalam kehadiran iPhone SE ini. Anda sudah mengetahui dengan pasti apa yang akan konsumen dapatkan.

Sedihnya, tidak ada teknologi yang baru dalam iPhone SE.(red/inda/estiana/utri/WDP)

 

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Uri.co.id