Ancaman Demokrasi, Ini Satu Penyebab Deparpolisasi | Uri.co.id

Uri.co.id

Menu

Ancaman Demokrasi, Ini Satu Penyebab Deparpolisasi

  • Reporter:
  • Senin, Maret 21, 2016
Foto Ancaman Demokrasi, Ini Satu Penyebab Deparpolisasi

Uri.co.id (Ancaman Demokrasi, Ini Satu Penyebab Deparpolisasi) , DENPASAR – Politikus Partai Golkar Airlangga Hartarto menegaskan, fenomena deparpolisasi merupakan fenomena yang tidak positif. Hal tersebut terjadi salah satunya akibat adanya praktik mahar dalam proses pemilihan kepala daerah (Pilkada).

“Memang demokratisasi di Indonesia perlu mengalami proses pendewasaan. Undang-undang katakan proses (pemilihan kepala negara maupun kepala daerah,red) lewat parpol. karena itu deparpolisasi merupakan fenomena yang tak positif. Pemicu salah satunya mahar,” ujar bakal calon Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto, pada silaturahmi dengan pengurus DPD Provinsi, Kabupaten/Kota se-Bali, Senin (21/3) malam.

Menurut Airlangga, praktik mahar terjadi karena tidak ada pengaturan yang baik dalam organisasi. Karena itu untuk mengatasinya, perlu ada langkah yang positif.  Paling tidak, mahar jangan menjadi penghalang calon untuk maju.

“Tentu kebijakan masing-masing partai berbeda. Tapi ke depan Golkar akan mendorong mahar tak jadi penghalang. Perlu ada kriteria tertentu, sebaiknya mahar menjadi modal untuk maju, bagi kami memenangi pilkada lebih baik daripada mahar,” ujar Airlangga.

Airlangga mengemukakan pendapatnya setelah melihat adanya fenomena deparpolisasi, setelah Gubernur DKI Jakarta Basuk Tjahja Purnama memilih menggunakan jalur independen untuk maju dalam pemilihan Gubernur DKI Jakarta.

“Contohnya seperti yang terjadi di DKI Jakarta, generasi muda memprotes mahar. Ini yang saya lihat tidak sehat. Jadi perlu ada upaya-upaya yang lebih baik,” ujar Airlangga.(red/Akbar/M)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Uri.co.id