SNMPTN 2016: Peminat Universitas Brawijaya Turun | Uri.co.id

Uri.co.id

Menu

SNMPTN 2016: Peminat Universitas Brawijaya Turun

Foto SNMPTN 2016: Peminat Universitas Brawijaya Turun

Uri.co.id (SNMPTN 2016: Peminat Universitas Brawijaya Turun) , MALANG- Jumlah pendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2016 di Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur, menurun.

Pasalanya, peserata pada tahun lalu sebanyak 64.653, namun kali ini pendaftar menjadi 48.434 orang.

Wakil Rektor I Universitas Brawijaya (UB) Malang Prof Dr Kusmartono di Malang, Minggu (20/03/2016) mengungkapkan, sebanyak 48.434 orang itu, 8.587 orang diantaranya adalah pendaftar dari jalur Bidik Misi.

Sementara, kuota mahasiswa baru yang diterima dari jalur Bidik Misi tahun ini sekitar 1.000 mahasiswa, namun dari kuota 1.000 itu, penerimaannya dibagi menjadi dua, yakni jalur SNMPTN dan Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN).

Kusmartono menambahkan, jumlah peminat program SNMPTN tersebut mrnurun juga disebabkan persyaratan akreditasi sekolah sehingga tidak semua siswa bisa mengikuti seleksi SNMPTN atau jalur undangan.

“Kalau sekolah bersangkutan mengantongi akreditasi A, yang bisa mendaftar jalur SNMPTN hanya 75 persen dari jumlah siswa secara keseluruhan. Makin rendah tingkat akreditasinya, semakin sedikit pula jatah siswa yang bisa didaftarkan dalam SNMPTN,” ungkapnya.

Sebab, ketika akreditasi sekolah tersebut B, maka bisa mendaftarkan hanya 50 persen, akreditasi C hanya 25 persen fan akreditasi D, hanya 10 persen siswa yang bisa didaftarkan. Oleh karena itu, penurunan peminat SNMPTN pada tahun ini hingga mencapai sekitar 20 persen. Namun, kondisi tersebut tidak hanya dialami UB, tetapi juga oleh PTN lain.

Meski pendaftar pada jalur SNMPTN menurun, katanya, pihaknya optimistis jumlah peminat ke UB akan naik lagi saat SBMPTN, sebab mereka yang tidak lolos di SNMPTN harus bersaing di SBMPTN.

“Kami yakin pada pendaftaran jalur SBMPTN nanti akan ada kenaikan peminat yang cukup signifikan, apalagi ada tiga program studi (prodi) baru yang dibuka pada tahun ini. Pada saat pembukaan pendaftaran SNMPTN izin ketiga prodi itu belum turun dan sekarang sudah turun, sehingga pada saat pendaftaran SBMPTN dibuka, ketiga prodi baru tersebut sudah bisa menerima mahasiswa baru,” ujarnya.(red/ilal/amadhan/BR)

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Uri.co.id