6 Langkah Mengembangkan Rencana Pemasaran Online yang Efektif

oleh

Uri.co.id, Jakarta Rencana adalah salah satu alat yang paling penting untuk setiap perusahaan yang ingin menonjol di internet.

Bersaing di dunia pasar sangat sulit. sangat penting untuk merek apa pun, terlepas dari ukurannya.

Memang benar bahwa bagi banyak orang, memulai bisa membingungkan, dan itu normal. Hari ini, Anda akan belajar bagaimana cara membuat rencana pemasaran online yang efektif.

Rencana pemasaran tidak sama dengan rencana pemasaran online. Rencana pemasaran sangat umum dan juga mencakup tindakan yang memiliki banyak tempat. Rencana pemasaran online berkonsentrasi untuk mendapatkan dan mempertahankan pelanggan secara eksklusif melalui saluran digital. Ini sangat strategis dan melibatkan tujuan, fakta dan angka.

Rencana pemasaran online yang dibuat dengan baik, menjelaskan secara detail semua alat, taktik, dan strategi yang akan dilakukan untuk mencapai sasaran yang ditargetkan.

Berikut adalah langkah-langkah penting untuk mengembangkan rencana pemasaran online yang efektif, seperti dikutip dari Laruno.id:

1. Analisis situasi

Anda harus tahu di mana Anda berdiri, dari mana Anda berasal dan tahu secara mendalam produk dan jasa Anda, pesaing Anda dan klien potensial Anda (analisis pasar).

Dalam langkah pertama ini, Anda harus menentukan perusahaan Anda dan semua yang Anda tawarkan, menunjukkan bagaimana manfaat yang Anda berikan berbeda dari pesaing lainnya.

Anda tidak hanya harus dapat menggambarkan apa yang Anda tawarkan dengan sempurna, tetapi Anda juga harus memiliki pemahaman yang jelas tentang apa yang dijual pesaing Anda, untuk menawarkan nilai tambah yang membedakan Anda dari mereka semua.

Inilah yang disebut sebagai analisis SWOT, Kelemahan, Ancaman, Kekuatan, dan Peluang.

2. Temukan audiens target Anda

Bagaimana menjalankan bisnis bersama dengan keluarga? Berikut tipsnya.

Mengembangkan profil klien potensial Anda adalah langkah selanjutnya dari rencana pemasaran online. Anda dapat menggambarkannya menurut istilah demografis, usia, jenis kelamin, komposisi keluarga, pendapatan, lokasi, gaya hidup, dan lain-lain.

Ada pertanyaan yang harus Anda tanyakan pada diri sendiri pada saat pemilihan ini, seperti apakah klien saya konservatif atau inovatif? Apa hobi mereka? Seberapa sering mereka membeli apa yang Anda tawarkan? Berapa usia orang yang dapat menggunakan produk Anda?

Pilih audiens Anda berdasarkan jenis bisnis Anda, ukuran perusahaan, dan lokasi. Mendefinisikan ini dengan tegas sangat penting, karena ini akan menjadi panduan masa depan Anda saat merencanakan kampanye dan komunikasi apa pun. Banyak aplikasi dapat membantu bisnis menemukan target mereka.

3. Analisis tujuan Anda

Apa yang ingin Anda capai melalui rencana pemasaran online ini? Tuliskan daftar tujuan untuk membuatnya terukur dan tahu kapan Anda mencapainya.

Sangat penting bahwa sebelum beralih ke strategi pemasaran, tentukan tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Tujuannya harus spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan dan dengan waktu tertentu.

Misalnya, apakah Anda mengharapkan peningkatan 15 persen dalam penjualan Anda setiap dua bulan? Apakah Anda ingin posisi yang lebih baik? Apakah Anda mengharapkan produk atau layanan Anda meningkat? Tujuannya sangat bergantung pada pengembangan bisnis.

4. Kembangkan strategi yang akan Anda gunakan

(Ilustrasi: Via Shutterstock).

Anda berada di pusat rencana pemasaran online Anda. Melalui langkah-langkah sebelumnya, Anda telah menganalisis tujuan Anda dan telah mengidentifikasi target audiens Anda. Sekarang adalah waktu untuk merinci cara-cara yang akan Anda gunakan untuk menjangkau audiens ini dan mencapai tujuan Anda.

Identifikasi taktik terbaik untuk melaksanakan rencana pemasaran online Anda. Sangat penting untuk memiliki rencana cadangan jika rencana awal Anda gagal. Ini akan memungkinkan Anda untuk melanjutkan kampanye pemasaran online Anda tanpa harus memulai dari awal lagi.

5. Rencana aksi

Sebuah rencana aksi harus mengandung aspek-aspek seperti apa yang akan dilakukan ketika itu dimulai, siapa orang-orang yang bertanggung jawab untuk membawanya ke depan, biaya nyata yang akan ada, apa yang akan menjadi hasil terukur akhir dan seterusnya.

Dengan demikian Anda akan memiliki strategi terperinci sehingga semua kegiatan yang Anda lakukan terkoordinasi dengan baik, dan semuanya diatur.

6. Sumber daya dan anggaran

Ilustrasi Gaji

Fungsi efektif dari rencana pemasaran online membutuhkan tiga sumber daya penting: investasi, uang, dan teknologi.

Setelah desain strategi selesai dan Anda tahu bagaimana kita akan membuatnya, penting untuk menganggarkan. Anda harus tahu investasi keuangan yang akan Anda buat.

Semoga Bermanfaat.

GRATIS… Pelatihan 365 hari bersama Tung Desem Waringin yang bisa merevolusi bisnis, marketing, sales, karier, kehidupan, kesehatan, kebahagiaan, dan keuangan bahkan percintaan dengan materi terbaru seharga Rp 2.997.000.

Khusus untuk 97 orang pembaca Uri.co.id hari ini jadi GRATIS, daftar sekarang juga,

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!