Meriahnya Takbir Keliling di Titik Nol Kilometer Yogya

oleh

Yogyakarta – Ratusan umat muslim mengikuti takbir keliling yang digelar Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Gondomanan. Takbir keliling ini turut memperebutkan trofi prestisius Piala Raja persembahan Raja Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Ketua Panitia Gema Takbir Jogja 2019, Miftakhul Ikhwan mengatakan, acara takbir keliling bertajuk Gema Takbir Jogja 2019 ini merupakan acara tahunan. Menurutnya, untuk takbir keliling tahun ini diikuti ratusan orang yang terdiri dari 11 kelompok.

“Ada 11 kelompok, mereka berasal dari perwakilan AMM, Masjid, atau pengajian di seluruh DIY. Jadi kalau ditotal ada ratusan peserta yang ikut takbir keliling ini,” ujarnya saat ditemui di Masjid Gedhe Kauman, Kota Yogyakarta, Selasa (4/6/2019) malam.

Lanjut Ikhwan, takbir keliling tahun ini mengusung tema ‘Semangat Milenial Peduli Lingkungan Hidup’. Menurutnya, hal itu untuk mengangkat misi penyelamatan lingkungan, yang saat ini semakin tidak dipedulikan,” katanya.

Takbiran keliling di Alun-alun Keraton dan Titik Nol Kilometer.Yogyakarta.Takbiran keliling di Alun-alun Keraton dan Titik Nol Kilometer.Yogyakarta. Foto: Pradito Rida Pertana/

“Di samping itu, dengan takbir keliling ini kami ingin memberi alternatif hiburan dan edukasi kepada masyarakat Yogyakarta secara keseluruhan pada malam kemenangan ini,” ucapnya.

Terkait rute, Ikhwan menjelaskan, untuk start mengambil tempat di halaman Masjid Gedhe Kauman. Nantinya, setelah start peserta akan melakukan pertunjukan display.

Setelah beranjak dari Masjid Gedhe Kauman, peserta akan menuju Jalan Pangurakan yang berada di Titik Nol Kilometer Yogyakarta. Di Jalan tersebut, nantinya peserta kembali unjuk kebolehan.”Setelah itu, para peserta akan menyusuri Jalan KH. Ahmad Dahlan ke barat hingga ke Jalan Kauman dan finish di Masjid Gedhe Kauman,” katanya.

“Karena itu, kami pastikan Gema Takbir Jogja 2019 akan berlangsung semarak dalam menyambut malam kemenangan di Kota Yogyakarta,” pungkasnya.

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!