Mudik Lebaran Sekaligus Jalan-Jalan ke Destinasi Wisata di Jawa Tengah

oleh

Uri.co.id, Jakarta – Beberapa hari lalu telah dibahas empat di Jawa Timur yang dilansir dari ‘Buku Panduan Tol Trans Jawa’ yang diterbitkan PT Jasa Marga. Tak sekadar mudik dan berkumpul bersama keluarga, momen lebaran juga bisa dimanfaatkan untuk mengunjugi berbagai destinasi wisata.

Mudik memang menjadi momen yang paling ditunggu banyak orang di Indonesia, momen disaat semua orang melakukan sebuah perjalanan panjang untuk pulang ke rumah.

Pengalaman menarik pergi ke baru bisa Anda dapatkan di sepanjang tol Trans Jawa, sembari melepas lelah atau menunggu kemacetan, Anda juga dapat mengajak keluarga rekreasi sejenak atau sekedar menikmati kuliner di setiap kota yang Anda lewati.

Melalui buku panduan praktis tol Trans Jawa, Jasa Marga ingin menjadi bagian dari perjalanan keluarga serta memandu dan memperkenalkan wisatawan dengan destinasi baru yang tidak pernah Anda kunjungi sebelumnya sehingga wisatawan dapat membuat lebih banyak lagi cerita baru bersama keluarga ditengah perjalanan mudik.

Anda juga bisa mengajak keluarga rekreasi sejenak atau sekedar menikmati kuliner di setiap kota yang Anda lewati saat mudik. Berikut sejumlah destinasi wisata di Jawa Tengah yang dilansir dari ‘Buku Panduan Tol Trans Jawa’ yang diterbitkan PT Jasa Marga.

Eling Bening

Mencari tempat wisata hits yang Instagramable? Eling Bening bisa jadi tujuan berlibur seru berikutnya. Terletak di daerah Ambarawa, kamu hanya memerlukan waktu 30 menit perjalanan dari pintu keluar tol Salatiga.

Banyak spot foto yang Instagramable, jadi tak perlu khawatir kehabisan stok foto untuk upload ke sosial media karena Anda bisa foto sepuasnya. Tiket masuk dipatok hanya Rp. 20 ribu saja. Anda bisa explore foto kawasan Eling Bening atau berenang bersama keluarga seharian.

Pantai Sigandu dan Dolphins Center

Dolphin Center di Batang, Jawa Tengah. (dok.Instagram @batangdolphinscenter/https://i0.wp.com/i0.wp.com/www.instagram.com/p/BhK1H2jFniB/Henry

Terletak di kawasan Pantai Sigandu Batang yang berjarak kurang lebih 20 KM dari gerbang tol Batang, Anda bisa mengajak keluarga berwisata sekaligus mengajarkan hal-hal baru untuk si Kecil.

Di Dolphins Center, kita bisa melihat lebih dekat kehebatan lumba-lumba dan mengenal beberapa satwa dilindungi. Selain edukasi satwa, kamu juga bisa menikmati panorama Pantai Sigandu yang indah.

Bandungan kota penuh kejutan

Ada beberapa tempat wisata di kawasan Umbul Sidomukti yang wajib Anda kunjungi, seperti Umbul Sidomukti dengan kolam renang alam yang menyegarkan dan pemandangan sunrise dan sunset yang bisa kamu nikmati.

Melihat kemegahan candi Gedung Songo yang bertingkat sambil mengendarai kuda ditengah sejuknya perbukitan Bandungan. Untuk yang suka belanja, Pasar tradisional Bandungan bisa menjadi tempat yang menyenangkan karena terdapat aneka ragam jajanan pasar hingga tanaman yang unik.

Umbul Sido Mukti

Kawasan wisata Umbul Sido Mukti di Bandungan, Jawa Tengah. (dok.Instagram @ragentar_outbound/https://i0.wp.com/i0.wp.com/www.instagram.com/p/ByR32RQgpYG/Henry

Kalau cuaca bersahabat, keindahan sunrise dipadu dengan udara sejuk Umbul Sidomukti benar-benar menjanjikan para wisatawan. Butuh waktu 30 menit dari pintu keluar tol Bawen untuk mengejar matahari terbit di kawasan Umbul Sidomukti.

Tak hanya Umbul Sidomukti, kawasan Bandungan juga menawarkan beberapa tempat wisata keluarga yang wajib dikunjungi.

Pandawa Water World

Pandawa Water World merupakan wahana dunia air terbesar di Jawa Tengah. Ada 27 spot kolam yang wajib Anda jelajahi, masing-masing spot mempunyai level keseruan yang berbeda-beda sehingga sangat cocok untuk menguji kekompakan bersama keluarga.

Satu hal yang menjadikan unik tempat ini yaitu terdapat patung-patung pewayangan yang besar dan tinggi, selain bisa eksis di sosmed, kita juga bisa mengenal tokoh pewayangan.

Wisata Kota Tua

Wisata Kota Tua Semarang di Jawa Tengah. (dok.Instagram @radendwiabadi/https://www.instagram.com/p/BOYOUnWh9Rm/Henry

Kota Semarang menjadi saksi bisu penjajahan Belanda yang meninggalkan bangunan-bangunan estetik khas negara kincir angin. Ada beberapa bangunan bersejarah di kota Semarang seperti Lawang Sewu, Gereja blenduk dan beberapa bangunan estetik lain yang ada di kawasan kota tua.

Lokasinya tak jauh dari gerbang tol Gayamsari, kawasan kota tua menjadi destinasi menarik untuk berlibur, selain untuk explore photography wisatawan juga bisa belajar mengenal sejarah.

Pemandian Guci

Tak jauh dari pintu tol Slawi, pemandian air panas Guci menjadi daya tarik untuk para wisatawan yang ingin memanjakan tubuh lewat air panas yang diambil langsung dari lereng gunung Slamet.

Tak hanya pemandian air panas saja, banyak penginapan hotel dan villa yang bisa Anda sewa untuk menginap dan berkumpul bersama keluarga.

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!