1.001 Obor Meriahkan Takbir Keliling di Ponorogo

oleh

Ponorogo – Jelang perayaan Idul Fitri, masyarakat di Ponorogo merayakannya dengan cara takbir keliling. Menariknya, takbir keliling ini dihiasi dengan 1001 obor atau dalam bahasa Jawa disebut oncor.

Bertempat di Desa/ Kecamatan Mlarak, ratusan warga tampak berkumpul di lapangan desa setempat. Mereka bersiap takbir keliling dengan membawa obor.

“Acara ini sudah kali kedua digelar, antusias masyarakat tinggi. Total ada 1.001 obor yang disiapkan panitia,” tutur salah satu panitia Roni Yudi saat ditemui di lokasi, Selasa (4/6/2019).Roni menambahkan diperkirakan ada 700 warga yang bakal mengikuti acara ini. Tujuannya, mereka ingin menyambut 1 Syawal dengan cara memupuk kebersamaan.

“Panitia menyiapkan 1.001 obor yang terbuat dari bambu dan diberi solar. Kenapa 1.001, supaya unik dan ramai,” jelasnya.

Rute yang akan dilewati peserta pawai dari Balai Desa menuju ke lapangan desa yang berjarak 1,7 km. Para peserta pawai mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.”Kami melakukan persiapan selama 2 minggu terakhir dan tidak ada kendala sama sekali,” tandasnya.

Sementara itu, Kapolres Ponorogo AKBP Radiant menyampaikan kepada masyarakat agar tidak melakukan konvoi di jalan raya. Sebab, selain membahayakan diri sendiri juga bisa membahayakan masyarakat lain.

“Malam ini kami menyiapkan 188 personil untuk pengamanan takbir keliling,” pungkas dia.

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!