Polisi Imbau Takbir Keliling di Yogya Tak Lebih dari Jam 11 Malam

oleh

Yogyakarta – Polresta Yogyakarta tidak melarang umat muslim di Kota Yogyakarta untuk melakukan takbir keliling. Namun Polisi mengimbau takbir keliling tidak melebihi jam 11 malam.

“Dari Pemkot (Pemerintah Kota) Yogyakarta kan tidak ada larangan, hanya kita imbau nanti takbiran jangan terlalu malam, maksimal pukul 23.00 WIB sudah selesai,” ujar Kapolresta Yogyakarta, Kombes Pol. Armaini saat dihubungi wartawan, Selasa (4/6/2019).

Menurut Armaini, hal itu semata-mata agar umat muslim tidak terlambat untuk melaksanakan salat ied keesokan harinya, Rabu (5/6/2019). Selain itu, Armaini mengimbau agar takbir keliling tidak dilanjutkan dengan konvoi keliling Kota Yogyakarta.

“Setelah itu (takbir keliling) jangan ada konvoi-konvoi kendaraan, kalau ada nanti kita tegur. Apalagi kalau konvoi pakai knalpot blombongan, nanti akan ditilang,” ucapnya.

Armaini menambahkan, sejumlah personel telah diterjunkan untuk mengamankan jalannya takbir keliling di Kota Yogyakarta. Tak hanya itu, untuk mengurai kepadatan kendaraan di Kota Yogyakarta, polisi akan melakukan pengamanan di perbatasan Kota Yogyakarta.

Suasana takbiran di Titik Nol Kilometer, Yogyakarta. Suasana takbiran di Titik Nol Kilometer, Yogyakarta. Foto: Pradito Rida Pertana/

“Untuk rute sudah kita atur, khususnya takbir keliling di Alun-alun utara, Alun-alun selatan dan Jogokariyan, karena di titik-titik itu yang paling ramai,” ucapnya.

“Selain itu, kita tempatkan anggota juga di perbatasan (Kota Yogyakarta) untuk mengantisipasi masuknya konvoi dari luar seperti Bantul dan Sleman ke Kota (Yogyakarta),” ucapnya.

Pantauan di Titik Nol Kilometer Kota Yogyakarta, ratusan orang berkumpul untuk melihat takbir keliling yang digelar Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Gondomanan. Tampak para peserta takbir dengan mengenakan kostum beraneka warna berjalan kaki dari arah selatan Jalan Pangurakan sembari memainkan drumband.

Tak hanya itu, terdengar pula gema takbir kemenangan yang dikumandangkan peserta selama melakukan takbir keliling. Takbir keliling bertajuk Gema Takbir Jogja 2019 mengambil start dari halaman Masjid Gedhe Kauman, dilanjutkan pertunjukan display di sekitaran Alun-alun utara Yogyakarta. Setelah itu, para peserta akan menyusuri Jalan KH. Ahmad Dahlan, ke arah barat menuju Jalan Kauman dan finish di lokasi start yakni Masjid Gedhe Kauman.

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!