Tol Cijago Seksi 2 Mulai Beroperasi Fungsional Senin Ini

oleh

Uri.co.id, Jakarta – Tol Cinere-Jagorawi () Seksi 2 mulai beroperasi Senin ini. Pintu exit seksi 2 ini berada di Kukusan, Beji. Operasional seksi 2 ini diberlakukan untuk mengantisipasi kemacetan saat Idul Fitri.

“Pengoperasian tol ini kami lakukan untuk membantu mobilitas dan masyarakat Depok khususnya di Jalan Margonda selama libur Lebaran,” kata Direktur Operasi PT Translingkar Kita Jaya (TLKJ), Teddy Rosadi, Senin (3/6/2019).

Menurutnya, pintu seksi 2 ini dioperasikan karena permintaan masyarakat. Permintaan tersebut kemudian diteruskan pihaknya ke Badan Pengatur Jalan Tol (BPTJ) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Dibukanya pintu seksi 2 ini ditujukan untuk mengurai kemacetan yang sering terjadi pada Jalan Margonda, Jalan Juanda, kawasan Kukusan, dan Jalan Raya Bogor menuju ke Jagorawi.

Meski belum dapat surat keputusan resmi uji layak pengoperasian dari Kementerian PUPR, Teddy mengatakan, tim PUPR telah mengirimkan tim pra layak operasi untuk memastikan Tol Cijago seksi 2 ini dapat berfungsi dengan baik. Dia menuturkan fasilitas persyaratan dan ketentuan jalan Tol Cijago Seksi 2 ini sudah seluruhnya terpenuhi.

“Ini pembangunannya sudah selesai sudah dapat difungsikan. Kemarin juga bersama tim kami telah memasang marka, rambu, reflektor, dan lampu penerangan,” paparnya.

Dikatakan dia, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Untuk pergerakan lalu lintas kendaraan dari arah Jagorawi menuju ke arah Margonda dan Kukusan, maka transaksi pembayaran dilakukan di Gerbang Tol (GT) keluar (off ramp pay), yaitu di GT Cisalak 2 (eksisting), GT Margonda 2 dan GT Kukusan 2.

Selanjutnya, untuk arah sebaliknya, dari arah Kukusan dan Margonda yang akan menuju arah Jagorawi, maka transaksi dilakukan di GT masuk (on ramp pay), yaitu di GT Kukusan 1, GT Margonda 1, dan GT Cisalak 1 serta GT Cisalak 3.

Reporter: Reporter : Nur Fauziah

Sumber: Merdeka.com

Tol Cijago Seksi II Beroperasi Fungsional 8 Hari

Pekerja mengoperasikan alat berat mengerjakan pembangunan jalan tol Cinere-Jagorawi (Cijago) seksi II di kawasan Depok, Jawa Barat, Rabu (27/2). (Uri.co.id/Immanuel Antonius)

Sebelumnya, guna mendukung kelancaran arus 2019, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan mengoperasikan ruas Tol Cinere-Jagorawi atau Seksi II (Jalan Raya Bogor-Kukusan) secara fungsional selama 8 hari.
Berdasarkan informasi yang diberikan Kementerian PUPR, pengoperasian secara operasional sepanjang 5,5 km ini akan dimulai pada Senin, 3 Juni 2019 pukul 14.00 WIB sampai dengan Senin 10 Juni 2019 pukul 14.00 WIB.
Dibukanya Seksi II yang merupakan bagian dari Tol Jakarta Outer Ring Road 2 (JORR 2) akan terhubung dengan ruas tol Cijago Seksi I (Jagorawi-Raya Bogor) sepanjang 3,7 km yang beroperasi dengan tarif Rp 4.500 untuk kendaraan Golongan I.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan selama Seksi II ini dibuka secara fungsional. Untuk pergerakan lalu lintas kendaraan dari arah Jagorawi menuju ke arah Margonda dan Kukusan, maka transaksi pembayaran dilakukan di Gerbang Tol (GT) keluar (off ramp pay), yakni di GT Cisalak 2 (eksisting), GT Margonda 2 dan GT Kukusan 2.
Untuk arah sebaliknya, dari arah Kukusan dan Margonda yang akan menuju arah Jagorawi, maka transaksi dilakukan di GT masuk (on ramp pay), yaitu di GT Kukusan 1, GT Margonda 1, GT Cisalak 1, dan GT Cisalak 3.
Khusus untuk GT Cisalak 4 dan GT Margonda 3 yang melayani lalu lintas arah Jalan Raya Bogor menuju Kukusan dan Margonda 1 (off ramp) dan GT Cisalak 3 (off ramp) tidak akan difungsikan. Ini dilakukan sebagai upaya dalam memperhatikan keutamaan pelayanan lalu lintas jarak jauh, sehingga pada seksi Raya Bogor-Kukusan ini belum dikenakan tarif tol alias gratis.

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!