Main Petasan Bazoke, Bocah 9 Tahun di Jombang Luka Bakar 50 Persen

oleh

Jombang – Seorang bocah berusia 9 tahun mengalami luka bakar hingga 50 persen saat bermain petasan bazoke atau petasan pipa spititus. Luka bakar yang diderita korban akibat terkena semburan dari petasan berbentuk pipa tersebut.

Korban adalah Ilham (9), warga Desa Jogoloyo, Kecamatan Sumobito, Jombang. Putra pasangan Heru (39) dan Rahmawati (38) itu tergolek lemas di ruang rawat inap Puskesmas Miagan, Kecamatan Mojoagung. Dada, perut, kedua tangan dan kakinya yang mengalami luka bakar, tampak dibalut dengan perban.

Tetangga korban Budianto (33) mengatakan, Ilham awalnya bermain petasan bazoke bersama 4-5 teman sebayanya. Petasan ini berbentuk pipa dengan bahan bakar spiritus. Suara ledakannya cukup kencang.

Sekitar pukul 10.00 WIB, tiba-tiba suara ledakan petasan disusul teriakan kesakitan dari Ilham. Rupanya semburan api dari petasan tersebut membakar celana dan kaus yang dipakai korban. Seketika warga sekitar berhamburan untuk memberikan pertolongan.

“Semburan api dan spiritus awalnya membakar celana pendek dan kausnya, lalu mengenai bagian dada, perut, tangan dan kakinya,” kata Budianto kepada wartawan di Puskesmas Miagan, Sabtu (1/6/2019).

Perawat Puskesmas Miagan Afris menjelaskan, Ilham mengalami luka bakar hingga 50 persen. Oleh sebab itu, korban menjalani rawat inap agar petugas medis bisa memantau perkembangan kondisinya.

“Korban sempat menggigil karena panas, tapi sudah diberi salep supaya tidak panas,” terangnya.

Afris menegaskan, Ilham akan dirujuk ke rumah sakit jika kondisinya tidak juga membaik. “Kalau memburuk atau tidak ada perubahan, kami rujuk ke rumah sakit,” tandasnya.

‘Petasan Meledak di Sukabumi, 5 Orang Terluka’:

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!