Presiden Jokowi akan Pimpin Upacara Pemakaman Ani Yudhoyono

oleh

Jakarta – Jenazah akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata. Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan memimpin upacara pemakaman istri Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu.

“Karena dari Paspampres apakah RI-1 hadir, tapi biasanya Ibu Negara ya, pasti hadir. Biasanya yang memimpin upacara pemakaman itu inspektur upacaranya itu Presiden (Jokowi),” kata staf Sespri SBY, Bobby Piliang, di Kediaman SBY, kompleks Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (1/6/2019).Rencana tersebut juga dibenarkan pihak Istana. “Benar (Presiden Jokowi akan menjadi inspektur upacara pemakaman Ani Yudhoyono),” ujar.
Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Bobby mengatakan jenazah Ani Yudhoyono akan diberangkatkan dari Singapura pada pukul 06.00 waktu Singapura. Dan diperkirakan tiba di Cikeas pada pukul 07.00 WIB. “Sesuai rencana besok pagi (Minggu, 2 Juni 2019), jenazah almarhumah Ibu Ani akan diterbangkan dari Singapura pukul 06.00 pagi waktu Singapura, pukul 5 pagi waktu Indonesia, sampai di Halim pukul 06.00 WIB kira-kira sampai sini (Cikeas) pukul 07.00 WIB. Ada satu jam kira-kira,” kata dia.

Ia menambahkan jasad Ani Yudhoyono akan diterbangkan menggunakan pesawat TNI. Sedangkan yang ada di dalam pesawat nanti adalah SBY beserta keluarga dekat.”Penerbangan dari Singapura menggunakan pesawat Hercules milik TNI AU. Di dalam pesawat itu kemungkinan ada Bapak SBY, Mas Ibas, Mas AHY, dan keluarga dekat, beberapa orang staf,” lanjutnya.

Bobby mengatakan jenazah akan disemayamkan di Pendopo Rumah Cikeas. Dijadwalkan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla akan melayat dan mendampingi mereka ke Kalibata. Sedangkan pemakaman akan dilaksanakan sekitar pukul 13.00 WIB.

“Baru setelah disemayamkan kalau kita dapat info RI-1 dan RI-2 akan ikut hadir melayat kemari dan menjadi Inup (Insprektur Upacara) di Kalibata pada pukul 12.00 atau pukul 13.00 setelah salat Zuhur disalatkan. Mungkin disalatkan di sini, setelah sampai, presiden ikut lalu kemudian dimakamkan secara militer di Kalibata,” tutupnya.

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!