8 Fakta Final Liga Champions: Tottenham Vs Liverpool

oleh

Jakarta – Liga Champions 2018/2019 mencapai puncaknya malam nanti, kala menghadapi di final. Berikut fakta-fakta menarik jelang pertandingan.

Duel digelar di Wanda Metropolitano, Madrid, Minggu (2/6/2019) dinihari WIB. Ini jadi pertama kalinya dua tim Inggris bertemu di sejak 2007/2008.

Liverpool punya bekal lima kali juara, juga pengalaman gagal di final tahun lalu. Di saat yang sama itu juga memberikan tekanan tersendiri untuk ‘Si Merah’.

Sementara Tottenham menatap final pertamanya di Liga Champions. Ini bahkan final kompetisi Eropa yang pertama untuk mereka sejak tampil di laga puncak Piala UEFA 1984.

Berikut adalah fakta-fakta menarik jelang pertandingan seperti dilansir BBC

– Liverpool memainkan final Piala/Liga Champions kesembilannya, lebih banyak dari tim Inggris manapun. Mereka sudah lima kali juara, tapi kalah di dua final terakhir pada 2007 dan 2018.

– Tottenham memainkan final Piala/Liga Champions pertamanya. Sebelumnya lima tim yang menjalani final pertama selalu menelan kekalahan, Chelsea (2008), Arsenal (2006), AS Monaco (2004), Bayer Leverkusen (2002), dan Valencia (2000).

– Tim terakhir yang dua kali beruntun kalah di final Liga Champions adalah Valencia pada 2000 dan 2001.

– Ini adalah final kompetisi Eropa yang pertama untuk Tottenham sejak Piala UEFA 1984. Mereka berupaya jadi tim Inggris ketiga yang memenangi semua tiga turnamen mayor UEFA, termasuk Piala Winners.

– Liverpool sudah menelan kekalahan di empat final terakhir sejak menjuarai Piala Liga Inggris pada 2012. Tottenham kalah di dua final terakhir sejak Piala Liga 2008.

– Sadio Mane bisa menjadi pemain pertama yang mencetak gol di dua final Piala/Liga Champions beruntun sejak Franz Roth mencetak gol untuk Bayern Munich di 1975 dan1976.

– Tidak ada tim yang kebobolan lebih banyak dari Tottenham di Liga Champions musim ini, yakni 17 kali. Tujuh dari jumlah gol itu tercipta di 15 menit pertama.

– Ini adalah final mayor ketiga Juergen Klopp di kompetisi Eropa bersama Liverpool. Hanya Bob Paisley yang mencapai final lebih banyak dengan klub ini, yakni empat kali.

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!