Duel Tira Persikabo dan PSM Makassar Tanpa Gol di Pakansari

oleh

Jakarta – Duel menarik hadir saat Tira Persikabo menjamu PSM Makassar pada pekan ketiga Shopee Liga 1 2019 di Stadion Pakansari, Cibinong, Rabu (29/5/2019). Meski memiliki banyak peluang, kedua tim gagal mencetak gol.

Menit ke-13 PSM meraih peluang pertama lewat tembakan Guy Junior. Sayang tembakannya masih membentur tiang gawang dan membuat Tira Persikabo memiliki kesempatan untuk membangun serangan balik.

Serangan balik cepat itu langsung dimanfaatkan oleh Tira Persikabo untuk merusak pertahanan PSM. Manahati Lestusen melepaskan tembakan dari luar kotak penalti yang masih tipis di sisi kiri gawang yang dikawal Rivky Mokodompit.

Peluang kembali didapatkan pada menit ke-19 setelah Zulham Zamrun menerima umpan terobosan matang dari Guy Junior. Sayang, tembakan keras Zulham masih melayang di atas gawang Tira Persikabo.

Setelah kedua tim berusaha menguasai bola, peluang emas kembali didapatkan oleh PSM melalui Zulham Zamrun pada menit ke-40. Sayangnya, tembakan Zulham yang diawali kecohan cutback terhadap bek Tira Persikabo masih mengarah ke sisi kiri gawang.

Kepiawaian kiper Tira Persikabo, Angga Saputro, mengawal gawangnya di babak pertama harus diacungi jempol. Setelah beberapa kali melakukan aksi memotong bola umpan silang PSM dengan sangat baik, sebuah peluang dari serangan bergelombang PSM pada menit ke-44 mampu dihalaunya dengan baik.

Angga Saputro menepis bola tembakan Zulham dengan sangat baik. Namun, bola jatuh di belakang Rahmat yang langsung mengejar bola dan melepaskan umpan kembali kepada Zulham. Angga langsung berdiri dan menepis bola sehingga benturan dengan Zulham pun tak terelakkan dan wasit meniup peluit untuk menghentikan pertandingan.

Tira Persikabo berusaha memberikan tekanan balik pada akhir babak pertama. Wawan Febriyanto yang dikurung tiga pemain bertahan mampu menjaga bola dengan baik dan melepaskan tembakan yang cukup mengancam gawang Rivky Mokodompit. Sayang, tembakannya masih menyamping dari sasaran.

Sengit di Babak Kedua

Tempo permainan di babak kedua semakin meningkat. Tira Persikabo yang pada babak pertama cukup sering tertekan mulai berani bermain lebih lepas.

Sebuah peluang didapatkan oleh Osas Saha pada menit ke-60. Berawal dari umpan sepak pojok Wawan Febriyanto, Osas menanduk bola yang hanya membentur tiang gawang.

Tira Persikabo kembali mendapatkan peluang emas lewat tembakan keras Louis Parfait pada menit ke-65. Namun, tembakan yang mengarah ke sudut atas gawang PSM itu masih mampu dihalau dengan baik oleh Rivky Mokodompit.

Giliran PSM yang mendapatkan peluang emas pada menit ke-70 lewat Guy Junior. Namun, tembakan pemain naturalisasi itu yang mengarah ke sudut bawah gawang Tira Persikabo masih mampu dijangkau oleh Angga Saputro.

Sebuah serangan bergelombang dilakukan PSM selang satu menit. Sejumlah tembakan dilepaskan para pemain PSM yang masih mampu dihalau pemain bertahan dan juga oleh kepiawaian Angga Saputro.

Kedua tim meningkatkan intensitas penyerangan saat memasuki 10 menit akhir pertandingan. Namun, baik Tira Persikabo maupun PSM masih kesulitan untuk mendapatkan angka pertama.

Rizky Pellu mendapatkan peluang terakhir dengan tembakan jarak jauh. Namun, tembakan tersebut masih melayang jauh di atas mistar gawang Tira Persikabo. Wasit pun meniupkan peluit panjang tanda pertandingan berakhir.

Hasil imbang tanpa gol di Stadion Pakansari, Cibinong, ini membuat PSM Makassar tak beranjak dari peringkat kedua dalam klasemen sementara Liga 1 2019 dengan tujuh poin dari tiga pertandingan. Sementara itu, Tira Persikabo naik satu peringkat ke posisi delapan dengan empat poin.

Susunan Pemain

Tira Persikabo (4-3-3): Angga Saputro (kiper); Vava Mario Yagalo, Andy Setyo Nugroho, Khurshed Beknazarov, Abduh Lestaluhu (belakang); Manahati Lestusen, Louis Parfait, Ciro Alves (tengah); Osas Saha, Wawan Febriyanto, Loris Arnaud (depan)

Pelatih: Rahmad Darmawan

PSM Makassar (4-3-3): Rivky Mokodompit (kiper); Beny Wahyudi, Aaron Evans, Abdul Rahman, Zulkifli Syukur (belakang), Marc Klok, Rasyid Bakri, Rizky Pellu (tengah); Zulham Zamrun, Rahmat, Guy Junior (depan)

Pelatih: Darije Kalezic

Sumber: Bola.com

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!