10 Kuliner Khas Wonogiri yang Wajib Dicoba Saat Mudik

oleh

Uri.co.id, Wonogiri Mampir ke suatu kota rasanya tak lengkap kalau belum menjajal kulinernya. Termasuk ketika liburan #PesonaMudik2019. Bila kalian melewati Wonogiri sembari menikmati keindahan alam, sempatkan juga menikmati kulinernya.

“Wonogiri menyimpan berbagai tempat makan yang recommended buat kamu pecinta wisata kuliner. Yang pasti, kulinernya harus kalian coba saat mudik,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Berikut ini ada beberapa rekomendasi tempat kuliner yang ada di Wonogiri.

1. Warung Pak Glinding

Warung Pak Glinding ini salah satu warung paling populer di Wonogiri. Menu andalannya adalah olahan ikan yakni ikan nila dan gurame bakar. Lokasi Warung Pak Glinding di Jalan Raya Wonogiri-Pracimantoro Km 7 selalu terlihat ramai membuktikan soal rasa dan kualitasnya disuka pengunjung.

Hal lain yang menjadi daya tarik warung Pak Glinding ini adalah lokasinya berada di pinggir Waduk Gajah Mungkur membuat kalian betah berlama-lama. Sembari menikmati ikan bakar ditemani semilir angin dari waduk.

2. Filosofi Teh Wonogiri

Kalo kali ini bisa dibilang salah satu tempat nongkrong yang sedang hits di Wonogiri. Filosofi Teh sendiri merupakan kedai teh pertama di Wonogiri. Aneka jenis teh dapat kalian cicipi di kedai ini. Seperti halnya kopi yang memiliki banyak varian jenis, teh ternyata juga memiliki banyak sekali jenis, dan kalian bisa cicipi di kedai Filosofi Teh ini.

Selain ada teh dengan rasa yang kekinian dan pas untuk anak muda, di Filosofi teh ini sendiri juga menyediakan aneka teh herbal untuk menjangkau pula pasar orang tua. Untuk Lokasi Filosofi Teh ini berada di Jl. Nila, Wuryorejo, Kec. Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

3. Rumah Makan Prasmanan Pak To

Tempat kuliner Wonogiri berikutnya adalah Rumah Makan Prasmanan Pak To. Rumah makan ini mengusung menu masakan Jawa. Selain rasanya enak, Rumah makan ini juga terkenal dengan harga makanannya yang murah dan terjangkau semua kalangan.

Dalam pemesanan menu makanan disini kita tinggal mengambil sendiri menunya diatas meja alias prasmanan. Lokasi Rumah Makan Prasmanan Pak To ini berada di dekat kota Wonogiri, lebih tepatnya berada di Jalan Raya Wonogiri – Ngadirojo Km. 4, Kec. Wonogiri.

4. Ayam Panggang Mbok Tiyem

Ayam panggang yang satu ini sudah berdiri dari tahun 1960-an dan menjadi legenda yang masih eksis hingga sekarang. Bukti eksis itu sendiri sudah menjadi jaminan soal kualitas rasa yang dimiliki Ayam Panggang Mbok Tiyem ini.

Kini pengelola warung Ayam Panggang Mbok Tiyem ini sudah beralih ke anak dari mbok tiyem yaitu Sri Wahyuni. Meskipun sudah berganti, tetapi kualitas rasanya tetap terjaga. Lokasi Warung Mbok Tiyem berada di jalan raya Wonogiri-Ponorogo. Tepatnya berada di Desa Sambi, Jatisrono, Wonogiri.

5. Warung Makan Seger Eco

Warung makan di Wonogiri yang juga legendaris dan sudah berdiri sangat lama ini adalah Wagung Makan Seger Eco. Warung makan ini menyajikan menu masakan yang sangat enak dan menyajikan menu menu yang khas dari Wonogiri.

Ada thengkleng ayam kampung, panggang ayam kampung, nasi goreng, bakmi goreng, bakmi godod, cap jae. Tempat makan yang rekomended untuk di coba ini berlokasi di Jl. Nakulo 1/3, Wonokarto, Wonogiri.

6. Bakso Beranak Wonogiri

Salah satu kuliner khas Wonogiri adalah bakso, siapa yang tidak kenal dengan kelezatan bakso asal Wonogiri. Mumpung berada di Wonogiri, kalian harus mencicipi warung Bakso Beranak Wonogiri.

Disebut beranak karena di dalam bakso besar ketika dibelah, terdapat bakso bakso kecil. Untuk rasa tidak usah dipertanyakan lagi, sudah pasti nikmat dan lezat. Lokasi Bakso Beranak Wonogiri berada di Tandurejo, Singodutan, Selogiri, Wonogiri.

7. Bakso Titoti

Berada di Jalan Panglima Sudirman Kecamatan Giritirto, Bakso Titoti adalah santapan yang ramai pengunjung hampir setiap hari. Pertama kali muncul sekitar tahun 1987 dan hingga sekarang tetap setia menyajikan bakso yang enak.

Berangkat dengan rasa yang enak dan lezat, kini bakso Titoti adalah salah satu bakso terkenal di seantero pulau jawa. Bakso Titoti kini sudah memilki 14 cabang.

8. Soto Kwali Daging Sapi

Wonogiri juga mempunyai kuliner yaitu kuliner soto yang sangat digemari oleh warga Wonogiri. Soto Kwali Daging Sapi berlokasi di Jl. Batu – Baturetno, Wonogiri. Jika ingin mampir di tempat ini jangan sampai telat atau kesiangan karena bisa kehabisan. Pelanggan warung soto ini banyak sekali untuk menikmati soto.

9. Sate Ayam Pak Kabul

Nama Sate Ayam Pak Kabul di Wonogiri telah dikenal sebagai sate ayam yang lezat, berdaging tebal namun empuk dan bumbu meresap sempurna. Bumbu kacangnya berbeda dan rasanya cukup manis dengan bumbu bakar yang meresap.

Ingin mencicipi silahkan datang ke Jalan Salak 3, Gerdu Giripurwo, Wonogiri, Kabupaten Wonogiri. Berbeda dengan sate pada umumnya bumbu kacang sate ini dari kacang pilihan. Cara masaknya menggunakan sistem sangrai. Disini juga menyediakan sate kulit, telur, ati yang juga tak kalah enak rasanya.

10. Soto Ayam Kerdukepik

Soto Ayam Kampung & Sapi Adi Gading atau biasa dikenal dengan nama Soto Kerdukepik karena lokasinya berada di daerah Kerdukepik, termasuk soto ayam paling lezat di Wonogiri. Terletak persis di pertigaan jalan Ahmad Yani dan Jalan Panjaitan.

Anda bisa memilih isi soto, bisa campuran daging dan babat atau lainnya. Kuah kaldunya nikmat dengan daging dan babatnya juga segar dan empuk. rekomended banget untuk dicoba.

(*)

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!