Ribuan Ibu-ibu di Probolinggo Antre Zakat Rp 170 Ribu

oleh

Probolinggo – Ribuan masyarakat di Kota Probolinggo rela berdesak-desakan saat mengambil zakat. Warga yang didominasi ibu-ibu kaum dhuafa, rela antre berjam-jam untuk mendapat zakat dari Pemkot Probolinggo melalui Badan Amil Zakat (BAZ).

Jumlah zakat yang diterima warga, berupa uang senilai Rp 170 ribu ditambah nasi kotak dan kue. Zakat ini diberikan menjelang Lebaran 2019.

Informasi yang dihimpun, ada sekitar 2.900 kaum dhuafa yang menerima pemberian zakat kali ini. Mereka berasal dari warga 5 kecamatan yang ada di kota setempat. Sementara total dana yang digelontorkan untuk zakat, ada sekitar Rp 493 juta.

Wali Kota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin mengatakan, pemberian zakat berupa uang kepada masyarakat sebagai bentuk perhatian pemerintah ke para kaum dhuafa.

Melalui adanya pemberian zakat secara langsung, Hadi mengaku menjadi salah satu cara menyerap aspirasi masyarakat guna menentukan kebijakan yang terbaik untuk Pemeritah kota Probolinggo ke depan.

“Dengan memberi zakat, dan bertatap langsung seperti ini kita bisa tahu tentang keinginan masyarakat kedepan, baik menyangkut masalah pelayanan pendidikan, kesehatan dan lainnya,” terangnya, Rabu (29/5/2019).

Hadi berharap, adanya pembagian zakat bisa berguna bagi masyarakat, utamanya mendekati lebaran Idul Fitri mendatang. “Inti dari kegiatan ini, pemerintah ingin merajut kebersamaan dengan masyarakat,” tandasnya.

Sementara salah seorang penerima zakat, Supinem mengaku senang dengan pemberian zakat kali ini. Apalagi zakat yang diberikan berupa uang, hal itu membuatnya lebih mudah untuk menggunakannya.

Menurut Supinem, tahun sebelumnya ia juga pernah mendapatkan zakat dari pemerintah kota, akan tetapi berupa sembako.

“Ya senang dapat bingkisan seperti ini, jadi bisa saya gunakan keperluan keluarga, beda dengan sembako,” ungkapnya.

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!