Mulai Hari Ini Sopir dan Bus Masuk Terminal Ciamis Bakal Diperiksa

oleh

Ciamis – Mulai H-7 Lebaran 2019, setiap bus yang masuk ke Terminal Ciamis diperiksa oleh aparat gabungan. Selain itu setiap awak bus juga akan menjalani tes urine.

Satu per satu bus yang masuk ke Terminal Ciamis diberhentikan oleh petugas Dinas Perhubungan dan anggota Satlantas Polres Ciamis. Kemudian sopir bus diminta turun untuk cek tekanan darah dan tes urine yang menghabiskan waktu sekitar 5 menit. Dari tes urine yang dilakukan oleh BNN Kabupaten Ciamis terhadap 30 sopir, belum ditemukan ada indikasi mengkonsumsi narkoba dan obat terlarang.

Mulai Hari Ini Sopir dan Bus Masuk Terminal Ciamis Bakal DiperiksaFoto: Dadang Hermansyah

Setelah di tes dan dinyatakan negatif maka diperbolehkan melanjutkan perjalanan. Sopir dibekali dengan surat hasil pemeriksaan tes urine yang berlaku hanya satu hari. Bila nanti di terminal lain ada pemeriksaan serupa, surat itu bisa ditunjukkan agar tidak dua kali dilakukan pemeriksaan.

“Tes urine dilakukan kepada setiap sopir bus yang masuk ke terminal. Kalau hasilnya negatif, ya diperbolehkan melanjutkan perjalanan,” ujar Kepala BNN Kabupaten Ciamis AKBP Yaya Satyanagara, Rabu (29/5/2019).

Mulai Hari Ini Sopir dan Bus Masuk Terminal Ciamis Bakal DiperiksaFoto: Dadang Hermansyah

Menurut Yaya, tes urine dilakukan untuk mencegah para awak angkutan mengkonsumsi zat tertentu atau narkoba yang dapat membahayakan diri sendiri juga pengguna jalan lain. Setelah mendapat kepastian, kata Yaya, tentu penumpang akan merasa tenang berada di dalam bus menuju kampung halamannya.

“Hasilnya dari sekitar 30 para pengemudi bus yang telah diperiksa hasilnya negatif, kondisi para pengemudi dalam keadaan sehat, sehingga diperbolehkan melanjutkan perjalanan. Hanya ada seorang sopir yang tekanan darahnya tinggi, jadi kami sarankan untuk istirahat terlebih dulu,” katanya.

Yaya menegaskan bila ditemukan adanya sopir bus yang terindikasi menggunakan narkoba atau sejenisnya maka akan langsung ditindaklanjuti. Langkah awal sopir tidak diperbolehkan melanjutkan perjalanan. Kemudian akan diamankan, dilakukan interogasi dan diproses sesuai ketentuan yang berlaku.Dikatakan Yaya, BNN Ciamis akan melakukan tes urine kepada awak angkutan secara terjadwal. Karena mempertimbangkan penumpang yang perjalanannya tertahan sejenak.

“Kalau kita lakukan terus menerus kasihan sopir dan penumpang. Jadi tes urine dilakukan dengan terjadwal. Bisa saja selang sehari atau dilihat kondisinya, dilaksanakan bisa di terminal atau di jalur mudik,” ujar Yaya.

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!