Dapat Harta Gono Gini Rp 529 Triliun, Eks Istri Jeff Bezos Bakal Sumbangkan Setengahnya

oleh

Uri.co.id, Jakarta – Mantan istri , yakni MacKenzie, berjanji untuk menyumbangkan setengah hartanya untuk amal. Hal ini dia ucapkan beberapa bulan setelah selesai bercerai dengan si orang terkaya di dunia itu.

Miliarder baru tersebut telah menandatangani Giving Pledge, sebuah upaya yang mendorong orang-orang terkaya di dunia untuk menyumbangkan sebagian besar harta mereka untuk amal.

Inisiatif ini diperkenalkan oleh dua orang terkaya dunia, yakni Warren Buffet serta Bill dan Melinda Gates pada 2010.

Sekadar informasi, MacKenzie menjadi salah satu orang terkaya di dunia setelah bercerai dari pendiri Amazon , awal tahun ini. Pada Indeks Miliarder Bloomberg, berada pada posisi ke 22.

Mengutip CNN Business, Rabu (29/5/2019), kekayaan MacKenzie diperkirakan mencapai USD 36,6 miliar atau setara Rp 529 triliun. Sementara, mantan suaminya memimpin daftar orang terkaya di dunia dengan kekayaan sebesar USD 114 miliar.

Kini, MacKenzie menyebut, “Saya memiliki jumlah uang yang tidak setimpal untuk dibagikan.”

Dalam suratnya, dia menambahkan, “Pendekatan saya untuk filantropi akan terus saya lakukan. Itu memang membutuhkan waktu, usaha, dan perhatian. Namun saya tidak akan menunggu hingga harta saya habis.”

Tanggapan Jeff Bezos

Jeff Bezos dan MacKenzie menghadiri Amazon Studios Oscar Celebration di Delilah, West Hollywood, California, 26 Februari 2017. (JEROD HARRIS / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP)

Sementara itu, dalam akun Twitternya, Jeff Bezos memuji keputusan sang mantan istri. “MacKenzie sangat luar biasa dan bijaksana, serta efektif dalam filantropi dan saya bangga padanya,” kata Bezos dalam cuitannya.

MacKenzie merupakan satu dari 19 orang terkaya yang ikut menandatangani Giving Pledge, pada 28 Mei 2019.

Selain MacKenzie, pendiri WhatsApp Brian Acton, pendiri Pinterest Paul Sciarra, dan CEO Coinbase Brian Armstrong ikut menandatangani komitmen amal tersebut.

“Kemurahan hari kelompok ini merupakan refleksi dan inspirasi, guna menciptakan dunia yang lebih baik bagi orang lain, yakni dengan pengorbanan pribadi yang besar,” tutur Warren Buffett dalam pernyataannya.

MacKenzie, Wanita Terkaya Nomor 3 di Dunia

Jeff Bezos dan MacKenzie menghadiri Vanity Fair Oscar Party di Wallis Annenberg Center, Beverly Hills, California, Amerika Serikat, 4 Maret 2018. (DIA DIPASUPIL / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP)

Pendiri Amazon, Jeff Bezos dan istrinya, MacKenzie, akhirnya sudah menyelesaikan seluruh proses perceraian. Berakhirnya seluruh proses pada Kamis 4 April 2019 itu disebut-sebut sebagai kasus perceraian termahal.

Usai berakhirnya proses ini, MacKenzie menuturkan bahwa dia akan memberikan seluruh sahamnya di The Washington Post dan Blue Origin pada sang mantan suami, Jeff Bezos.

Meski melepas saham dua perusahaan tersebut ke mantan suami, MacKenzie masih mempertahankan saham di Amazon. Dia bersama Jeff Bezos masih memiliki 75 persen saham perusahaan termasuk hak voting.

Dengan pembagian ini, seperti dikutip dari Strait Times, Jumat (5/4/2019), MacKenzie kini menjadi wanita ketiga terkaya di dunia. Dia berada di bawah pewaris L’Oreal Francoise Bettencourt Meyers dan anak pendiri Walmart Alice Walton.

Jeff dan MacKenzie Bezos sendiri mengumumkan perpisahan mereka pada Januari 2019. Lalu, MacKenzie sempat membuat unggahan di Twitter berisi akhir penyelesaian pernikahan mereka.

“Bersyukur telah menyelesaikan proses perpisahan perkawinan saya dengan Jeff dengan dukungan satu sama lain termasuk semua orang yang memberi perhatian,” tulis MacKenzie.

Dari pernikahannya selama 25 tahun, keduanya dikaruniai empat orang anak.

Sekadar diketahui, Jeff Bezos kini berusia 54 tahun. Sementara MacKenzie berusia 48 tahun. Keduanya bertemu di kantor lamanya, sebelum Bezos mendirikan Amazon.

(Tin/Isk)

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!