YouTube Gaming Resmi Tutup Usia Pekan Ini

oleh

Uri.co.id, Jakarta – Tahun lalu, Google telah memastikan akan menutup aplikasi Gaming. Kini, penutupan itu dipastikan akan dilakukan pada 30 Mei 2019.

Kendati demikian, seperti dikutip dari The Verge, Rabu (29/5/2019), layanan YouTube Gaming tidak akan benar-benar hilang. Perusahaan menyebut layanan ini akan hadir dalam satu laman khusus di YouTube.

“Setelah Mei 2019, kami akan menutup aplikasi YouTube Gaming dan fokus layanan gaming kami melalui YouTube,” tulis perusahaan milik Google tersebut melalui laman resminya.

Keputusan untuk menutup YouTube Gaming tidak lepas dari kehadiran beragam fungsi yang sebenarnya sudah tercakup . Karenanya, kehadiran aplikasi khusus gaming dirasa tidak lagi dibutuhkan.

Menurut Google, Gaming memang memiliki banyak penggemar, tapi dinilai akan menjangkau lebih banyak orang jika fungsi-fungsinya berada langsung di dalam aplikasi YouTube.

Untuk diketahui, YouTube Gaming pertama kali diluncurkan pada 2015. YouTube menyebut layanan ini hadir untuk meningkatkan pengalaman live streaming para gamers.

Sayang, menurut YouTube, pengguna masih lebih banyak mengakses konten gaming melalui aplikasi biasa. Oleh sebab itu, perusahaan memilih menutup layanan ini.

Konten YouTube Original Bakal Gratis

Ilustrasi Youtube (Uri.co.id/Sangaji)

Sebelumnya, YouTube juga merombak strategi konten originalnya, dan akan mulai menyuguhkannya secara gratis. Saat ini semua konten YouTube Original hanya bisa diakses melalui berlangganan bulanan.

Dilansir Phone Arena, Kamis (8/5/2019), seri YouTube Original akan tersedia untuk konsumen di seluruh dunia secara gratis. Namun, di dalam konten akan terdapat iklan, sama seperti kebanyakan video gratis di platform YouTube.

Salah satu konten orisinal premium adalah Cobra Kai. Acara ini memiliki lebih dari 50 juta view, hanya dalam waktu lima bulan setelah peluncurannya.

Untuk membuat rencananya lebih menarik, YouTube mengumumkan untuk memperbarui Cobra Kai dengan merilis season ketiga.

Season pertama Cobra Kai akan tersedia secara gratis dari 29 Agustus hingga 11 September. Sementara season dua tersedia gratis mulai 11 September.

Selain Cobra Kai, konten premium lain dengan iklan semacam ini juga akan tersedia secara gratis dalam waktu beberapa bulan mendatang.

Sebagai catatan, tidak semua konten YouTube Premium akan tersedia secara gratis untuk semua orang. YouTube mengumumkan, beberapa video yang tersedia secara eksklusif dengan biaya USD 12 per bulan akan tersedia untuk publik dalam jangka waktu terbatas.

YouTube Kini Hadirkan Video Offline dengan Kualitas Full HD

Ilustrasi Youtube

YouTube juga dilaporkan ni dikabarkan akan meningkatkan resolusi video offline menjadi Full HD. Sebelumnya, YouTube membatasi unduhan offline dengan 360p dan 720p saja, sedangkan resolusi video Full HD (1080p) hanya tersedia untuk tampilan video yang ditonton langsung di YouTube.

Rilisnya mode offline pada tahun 2013 lalu, YouTube hanya memberikan fiturnya yang menyasar bagi pengguna YouTube premium saja dengan resolusi 360p dan 720p. Beberapa bulan kemudian, YouTube meningkatkannya untuk pengguna non-premium dengan menambah pilihan resolusi 144p.

(Dam/Ysl)

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!