10 Rekomendasi Tempat Wisata Menarik Dikunjungi Saat Mudik ke Kudus

oleh

Uri.co.id, Jakarta Dari sekian banyak daerah di Indonesia, banyak sekali destinasi yang bisa Anda kunjungi. Salah satunya adalah Kudus. Ya, kota ini wajib dipertimbangkan untuk masuk daftar #PesonaMudik 2019.

“Itu karena Kudus sangat identik dengan kota wisata religi dan kota kretek. Kudus juga memiliki kekayaan keindahan alam yang tak kalah dengan daerah lain,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya, Senin (27/5).

Lalu apa saja yang bisa Anda kunjungi di kabupaten Kudus? Berikut daftar tempat wisata Kudus dan sekitarnya yang populer dan lagi hits di kalangan wisatawan.

1. Menara Pisang

Lokasinya di Dukuh Watu Lumpang, Desa Kajar, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Jadi, Menara Pisang ini lagi hits di media sosial karena berada di kawasan Wisata Outbound dan Perkemahan Taman Sardi. Banyak spot yang cocok untuk backgroud foto untuk di unggah di sosial media. Hasilnya pastinya luar biasa keren!

Kawasan Wisata Taman Sardi merupakan sebuah wisata alam yang memiliki panorama pemandangan yang indah dan menyediakan permainan outbound yang seru. Di Taman Sardi wisatawan juga dapat menikmati area camping berkonsep kerakyatan.

2. Gray Canyon

Jika Grand Canyon ada di wilayah Arizona, Indonesia juga memiliki destinasi wisata nyaris serupa. Namanya Gray Canyon yang terletak di Desa Tanjung Rejo, Kecamatan Jekulo. Tempat ini dulunya merupakan area tambang batu dan pasir yang disulap menjadi wisata populer di Kudus. Di sini, kamu bisa berfoto dengan hasil jepretan yang mengagumkan.

Udara di Gray Canyon sangat segar dan tanah bukitnya seperti hamparan sahara. Pemandangan alam yang asri serta kumpulan gundukan bukit yang memanjakan mata. Waktu terbaik mengunjungi Gray Canyon adalah sore hari. Terbukti dari banyak wisatawan yang rela menunggu demi menikmati matahari terbenam.

3. Taman Oasis Djarum

Bagi Kamu yang berlibur ke Kota Kudus, tidak lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke salah satu tempat wisata terpopuler, yaitu Taman Oasis Djarum. Taman ini berlokasi di Jalan Lingkar Utara No.7, Bacin, Bae. Daya tarik dan pesona yang membuat wisatawan berdatangan karena menyajikan beragam spot.

Ya, taman yang dimiliki perusahaan rokok terbesar di Indonesia ini memiliki mall, kompleks pertokoan, hingga ruang terbuka hijau. Pada bagian depan, kamu akan disambut oleh monumen unik yang bertuliskan Djarum Oasis Kretek Factory. Monumen ini adalah salah satu spot terbaik untuk berfoto-foto ria.

4. Air Terjun Kali Banteng

Kudus juga memiliki tempat wisata air yang dikenal dengan nama Air Terjun Kali Banteng. Air terjun ini memiliki dua tingkatan yang menggoda untuk bermain air di dalamnya. Memiliki ketinggian 20 meter dengan kedalaman kurang dari satu meter, membuatmu bakal merasa sangat puas, meskipun hanya sekadar bermain air.

Arusnya pun tidak begitu deras, sehingga anak-anak pun bisa ikut bermain dengan aman. Akan tetapi, tetap saja di bawah pengawasan orang tua agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Tempat wisata yang terletak di Desa Rahtawu, Kecamatan Gebog, Kudus ini cocok bagi kamu yang gemar bermain air.

5. Taman Lampion Kudus

Taman Lampion Kudus merupakan tempat yang cantik sebagai wisata malam. Letaknya di Jalan Gor No.103, Kelurahan Wergu Wetan, Kudus. Tempat ini membuat siapa saja merasa puas ketika menginjakkan kakinya. Itu karena keindahan yang disajikan. Salah satu yang menarik adalah adanya berbagai bentuk lampion, mulai dari tanaman hingga karakter.

Taman ini akan memberikan kesan kreativitas tanpa batas. Hal ini bukan tanpa sebab, justru karena kreativitas pembuatnya yang mampu menyajikan lampion dalam berbagai bentuk. Tak heran, jika tempat ini menjadi taman favorit di Kota Kudus sebagai tempat liburan. Tentu saja menjadi spot yang sangat menarik untuk dipajang di sosial media kamu.

6. Wana Wisata Kajar

Tempat Wisata di Kudus yang satu ini sebenarnya adalah bumi perkemahan yang bernama Wana Wisata Kajar. Namun, berkat pemandangan alam yang serba hijau dan masih berkesan eksotis ini, membuat banyak wisatawan berdatangan.

Tempat ini berlokasi di Desoyo, Jalan Raya Kudus-Colo, Kajar, Dawe. Ada juga sebuah kawasan hutan pinus dan berjarak sekitar tiga kilometer dari Makam Sunan Muria. Kawasan wisata tersebut sangat cocok sebagai bumi perkemahan karena lokasinya yang berada di ketinggian 600 mdpl dan banyak terdapat pepohonan pinus. Tak heran, jika banyak pengunjung yang mendatangi tempat ini, hanya untuk mencari udara segar atau berkemah bersama anak-anak menikmati alam.

7. Wana Wisata Ternadi

Wana Wisata Ternadi menyuguhkan pemandangan pegunungan yang masih sangat asri dan menenangkan. Apalagi, ditambah dengan suhunya yang sejuk dan membuat banyak wisatawan betah berlama-lama di tempat wisata yang berlokasi di Ternadi, Kecamatan Dawe, Kudus ini.

Salah satu daya tarik dari tempat ini adalah Gardu Pandang yang sangat unik dan sangat cocok dijadikan spot fotografi. Selain Gardu Pandang, ada berbagai spot foto lainnya, seperti panggung I LOVE U, Perahu Kayu, dan Bunga Matahari Raksasa.

8. Museum Kretek Kudus

Setelah menjelajah wisata alam dan wisata air di Kudus ada baiknya jika kamu mengunjungi juga wisata sejarah dan edukasi Kudus, seperti Museum kretek. Ini adalah museum yang berlokasi di Desa Getas pajetan Kecamatan Jati Kudus. Lokasi tersebut tidak jauh dari pusat kota yaitu hanya berjarak sekitar tiga kilometer ke arah selatan.

Sesuai dengan namanya yaitu kretek yang identik dengan rokok. Musem ini mempunyai koleksi berbagai macam peralatan atau mesin untuk membuat rokok pada jaman dulu. Selain itu kamu melihat diorama yang memperlihatkan proses mulai dari penanaman tembakau hingga pembuatan rokok.

9. Desa Wisata Rahtawu

Obyek wisata di Kudus selanjutnya adalah Desa Wisata Rahwatu Kudus yang berlokasi di lereng Gunung Muria, tepatnya berada di Kecamatan Gebong Kudus. Desa wisata tersebut berada di ketinggian 1627 mdpl yang membuat udara di sini begitu sejuk dan segar.

Di desa tersebut juga terdapat sungai yang jernih yang bisa digunakan untuk mandi dan bermain air. Selain menyuguhkan pemandangan alam pegunungan yang begitu menarik di kawasan tersebut juga terdapat bangunan-bangunan pertapaan yang bisa dijelajahi.

10. Menara Kudus

Masjid Menara Kudus yang berada di Kelurahan Kauman, Kecamatan Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah ini memiliki tampilan berbeda dengan tempat ibadah serupa lainnya. Itu karena menara yang berdiri menjulang di sebelah tenggara masjid bentuknya menyerupai bangunan candi khas Jawa Timur. Semakin mencolok berkat konstruksi susunan batu merah yang tertata rapih.

Selain dapat digunakan untuk beribadah di bagian dalamnya, Kamu juga akan disuguhkan dengan keindahan arsitektur menara yang sangat berbeda dari masjid-masjid kebanyakan. Menara ini memiliki tinggi sekitar 18 meter dengan hiasan berupa piring-piring bergambar di sekelilingnya. Bisa juga dijadikan salah satu spot foto yang unik.

(*)

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!