Mau Lebih Produktif? Hindari 7 Hal Ini saat Bangun Tidur

oleh

Uri.co.id, Jakarta – Merasa tidak bersemangat hingga kurang saat ? Jika iya, maka perhatikan lagi hal apa yang Anda kerjakan pertama kali ketika bangun tidur. Mungkin saja itu menjadi penyebab Anda menjadi tidak produktif.

Beberapa ilmuwan dan ahli lainnya bahkan mengatakan, seseorang harus memiliki ritual pagi yang benar agar bisa lebih produktif saat bekerja.

Selain itu, hindarilah untuk melakukan kesalahan agar bisa lebih produktif pada sepanjang harinya. Mau tahu hal apa saja yang menghambat tingkat produktifitas Anda?

Dilansir dari laman Business Insider, berikut tujuh kesalahan yang harus dihindari saat bangun tidur:

1. Mematikan Alarm

Terkadang karena merasa belum puas tidurnya, banyak orang yang mematikan alarmnya demi untuk tidur lebih lama lagi. Apakah Anda termasuk orang yang seperti ini?

Jika iya, berubahlah. Ini bukan hal yang baik. Dengan mematikan alarm, sama saja Anda memberikan kesempatan untuk terlambat dalam segala hal.

Jika telat, itu berarti akan mengurangi waktu Anda untuk menyelesaikan semua tugas yang ada pada hari tersebut. Untuk itu, aturlah waktu tidur yang cukup bagi Anda dan berusahalah untuk tegas disiplin pada diri sendiri.

2. Tetap Meringkuk

Ilustrasi tidur. Sumber foto: unsplash.com/Zohre Nemati.

Setelah mematikan Alarm, kebanyakan orang pasti akan memilih untuk tetap meringkuk di atas kasurnya. Berhentilah melakukan hal ini. Dengan begini sama saja membiarkan diri Anda untuk kalah dengan rasa malas.

Setelah matikan alarm, maka segera bangkitlah dan lakukan sedikit peregangan agar badan terasa lebih fresh.

3. Lihat Email

Jika Anda tidur dekat dengan ponsel, maka berhentilah melakukan ini. Selain ini tidak baik bagi kesehatan, ini juga akan membuat Anda dengan mudah untuk memeriksa email yang masuk.

Lalu apa hubungannya email masuk dengan tidak produktif? Karena dengan membuka email, pagi hari akan terasa begitu berat hingga akhirnya inilah menjadi alasan Anda malas dan tidak produktif.

4. Meninggalkan Kamar Tanpa Dirapihkan Terlebih Dahulu

ilustrasi foto stylish bed room/ kamar tidur (iStockphoto)

Menurut ahli, merapihkan tempat tidur akan meningkatkan tingkat produktivitas sepanjang hari. Untuk itu, bagi Anda yang masih terbiasa meninggalkan kamar dengan berantakan maka mulailah untuk berubah. Luangkanlah sedikit waktu untuk merapihkan kamar terlebih dahulu.

5. Minum Kopi

Jika Anda masih berpikir tidak nikmat rasanya jika tidak minum kopi di pagi hari, maka berhentilah. Hal ini akan mempengaruhi produktivitas Anda nantinya.

Mengapa? Karena kopi dapat mengganggu badan Anda untuk menghasilkan jumlah hormon stres kortisol yang tinggi pada jam 8 hingga 9. Hormon ini lah yang akan mengatur energi. Untuk itu, jika Anda ingin minum kopi ada baiknya pada pukul 9 lewat.

6. Membiarkan Lampu Kamar Tetap Mati Ketika Bangun

Ilustrasi bangun tidur (iStockphoto)

Meskipun akan lebih baik mematikan lampu saat tidur, namun ketika Anda sudah bangun maka nyalakanlah lampu kamar sesegera mungkin. Karena, jika Anda bangun dengan keadaan lampu masih mati ini akan membuat Anda semakin malas-malasan.

7. Jangan Biarkan Situasi Menjadi Sunyi

Jika Anda lebih memilih untuk berada dalam kondisi yang sunyi dan senyap, maka cobalah cara yang baru. Sunyi mungkin memang baik, namun ini akan memberikan Anda waktu untuk lebih banyak melamun hingga akhirnya menjadi tidak produktif.

Untuk itu, Anda bisa mencoba mendengarkan musik di pagi hari atau menelpon teman dikala berangkat kerja.

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!