Culik dan Bunuh Bocah, 2 Remaja Afghanistan Dibui 30 Tahun

oleh

Kabul – Dua remaja di divonis 30 tahun penjara karena menculik dan membunuh seorang bocah perempuan yang berusia 6 tahun. Kasus bocah perempuan ini sempat memancing kemarahan publik secara nasional di Afghanistan.

Seperti dilansir AFP, Senin (27/5/2019), bocah perempuan bernama Mahsa Ahmadi (6) ini diculik di jalanan Kabul pada Maret lalu dan dibunuh setelah orangtuanya tidak mampu membayar uang tebusan sebesar US$ 300 ribu (Rp 4,2 miliar).

Kepolisian Afghanistan menangkap dua remaja putra terkait kasus ini. Keduanya muncul dalam video yang berisi pengakuan atas dan pembunuhan.

Dalam video itu, kedua remaja itu mengaku mereka menculik Mahsa dan membawanya pergi dengan sepeda motor, lalu membawanya ke dalam sebuah rumah dan mencekik bocah itu setelah uang tebusan tidak dibayarkan. Dalam sidang putusan yang disiarkan televisi setempat, hakim setempat menjatuhkan vonis 30 tahun penjara untuk masing-masing remaja tersebut. Identitas dan usia mereka tidak diungkap ke publik, namun hakim menyebut keduanya berusia di bawah 18 tahun.

Menanggapi vonis ini, ayah Mahsa menganggapnya terlalu ringan.

“Saya ingin hukuman terberat untuk mereka, mereka seharusnya dihukum gantung,” ucap ayah korban, merujuk pada kedua tersangka. “Mereka seharusnya merasakan apa yang kami rasakan,” imbuhnya.

Hakim dalam putusannya menyatakan bahwa kedua remaja itu tidak bisa dieksekusi mati karena masih di bawah umur. Atas vonis yang dijatuhkan, keduanya memiliki hak untuk mengajukan banding.Meskipun Afghanistan kerap dilanda kekerasan dan tindak kriminal, kematian Mahsa memicu kecaman luas oleh publik setempat. Bahkan warga Afghanistan yang marah meluapkan tuntutan mereka via media sosial agar keadilan ditegakkan.

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!