Ingin Belajar Investasi dengan Modal Minim, 5 Situs Ini Bisa Jadi Panduan

oleh

Uri.co.id, Jakarta Kini, tidak mesti dilakukan oleh kalangan ahli atau orang tua saja. Namun, sudah bisa diupayakan oleh anak muda. Bahkan untuk yang masih kuliah sekalipun. Hal itu hanya bisa terjadi karena adanya perkembangan era teknologi yang semakin masif.

Untuk itu, selagi masih ada kesempatan, manfaatkan 5 situs hasil rangkuman untuk belajar lebih lanjut.

1. Koinworks

Portal ini hampir selalu menjadi rujukan oleh investor pemula di Tanah Air. Soalnya, modal yang dikeluarkan untuk tidaklah besar. Cukup dengan dana Rp100 ribu, kamu sudah bisa investasi. Bahkan di dalamnya akan ada ilmu-ilmu penting terkait cara mengatur serta menentukan pihak mana saja yang kelak bisa menerima pinjaman.

Lebih kerennya lagi, portal ini memberikan keleluasaan buat kamu untuk memantau laju atau perkembangan bisnis suatu pihak yang meminjam danamu. Tidak seperti investasi kelas atas yang lebih mengandalkan berita-berita terkait finansial. Kamu bisa langsung mengetahui perubahan apa yang terjadi pada perusahaan tersebut. Cukup mudah, kan?

2. Gandeng Tangan

lustrasi Investasi Penanaman Uang atau Modal (iStockphoto)

Berbeda dengan Koinworks, portal ini bahkan menyediakan fasilitas belajar investasi untuk pemula yang bermodal cekak. Pasalnya, syarat untuk bergabung hanya senilai Rp50 ribu.

Dari sejumlah kecil uang tersebut, kamu bisa ikut ambil bagian dalam upaya mewujudkan ide-ide. Intinya, kamu bisa belajar banyak hanya dengan modal minim.

Lewat Gandeng Tangan, kamu secara langsung bisa terhubung dengan UMKM. Soalnya modal yang kamu gelontorkan difungsikan untuk membantu UMKM tersebut meningkat.

Berhubung masih UMKM, maka perlu dukungan dari segi modal dan ide. Kamu tak perlu jadi pelaksana kok. Minimal bisa ikut menyumbang ide-ide demi kelancaran investasimu.

3. Indves

Senada dengan Gandeng Tangan, modal investasinya cukup minim, yakni mulai dari Rp50 ribu. Secara otomatis, kamu juga akan langsung terhubung dengan UMKM yang berkenaan dengan investasimu.

Via portal yang sama, kamu bisa memantau laju serta perkembangan UMKM tersebut. Jangan lupa ikut menyumbang ide untuk kemajuan bersama.

Namun, ada yang unik dengan Indves. Seluruh proses yang ada sudah dijamin halal. Sebab, Indves sendiri hanya bertindak sebagai fasilitator investasi berbasis syariah. Nilai keuntungannya didasarkan pada sistem bagi hasil. Bukan bunga atau upah jasa yang mencekik calon investor pemula.

4. Akseleran

lustrasi Investasi Penanaman Uang atau Modal (iStockphoto)

Kontrol penuh ada padamu ketika sudah berhasil tergabung dengan pilihan perusahaan via Akseleran. Modalnya sangat minim, yakni Rp100 ribu.

Setiap pengusaha yang terdaftar di Akseleran tentu sudah melewati tahap seleksi yang cukup ketat. Tujuannya untuk menjaring para pengusaha “sungguhan” agar tidak merugikan para investor yang masuk.

5. Crowde

Dari beberapa portal penghubung investor dengan pelaku usaha sebelumnya, Crowde berani tampil beda. Portal ini mengkhususkan dirinya untuk memfasilitasi kebutuhan para petani di Indonesia yang tergabung. Dengan kata lain, jika kamu ikut ambil bagian, secara tidak langsung turut membantu kemajuan produksi pangan di Indonesia.

Apa yang terjadi jika produksi pangan menurun? Solusinya tak lain adalah impor. Sedangkan impor seharusnya menjadi jalan terakhir untuk mendatangkan pangan setelah Tanah Air tak lagi memproduksinya sendiri.

Namun, dengan kekayaan melimpah, seharusnya bisa memproduksi hasil pertanian lebih melimpah, kan? Nah, modal untuk gabung hanya Rp10 ribu.

Kelima portal tersebut memiliki stabilitas tinggi perihal investasi yang berjalan di dalamnya. Hal ini tentu menjadi berbeda jika kamu langsung investasi via perusahaan atau pelaku usaha. Sebab, tidak ada proses penyaringan seperti yang dilakukan oleh Koinworks dan kawan-kawannya. Berhubung modalnya sangat minim, apalagi yang kamu tunggu? Yuk, gabung.

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!