Waspada, 3 Jalur Mudik di Bantul Ini Rawan Longsor dan Kebakaran

oleh

Bantul – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bantul menyebut ada tiga titik jalur mudik yang rawan longsor dan kebakaran di Bantul. Di mana saja?

“Dari hasil koordinasi dengan BPBD (Kabupaten Bantul) kemarin ternyata ada jalur yang rawan longsor dan kebakaran, salah satunya di Mangunan (Kecamatan Dlingo),” ujar Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kabupaten Bantul, Agus Jaka Sunarya saat dihubungi wartawan, Minggu (26/5/2019).

Kendati demikian, Agus meminta masyarakat tidak perlu khawatir. Mengingat jalur masih aman untuk dilalui dan Dishub telah berkoordinasi dengan BPBD Bantul untuk melakukan pemasangan rambu-rambu rawan bencana

Diwawancarai terpisah, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bantul, Dwi Daryanto membenarkan hal tersebut. Bahkan menurutnya jalur yang rawan longsor dan kebakaran tidak hanya di Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul saja.

“Ada tiga jalur yang perlu diwaspadai pemudik, pertama jalur Imogiri ke arah Mangunan, kedua jalur Cinomoati khususnya jalan Wonolelo (Kecamatan Pleret) dan terakhir jalur dari (Kecamatan) Piyungan menuju (Kecamatan) Patuk,” ujarnya saat dihubungi , Minggu (26/5/2019).

“Ketiga jalur itu perlu diwaspadai karena rawan longsor dan kebakaran. Dibilang rawan longsor karena berada di daerah perbukitan, kalau rawan kebakaran karena kebiasaan masyarakat yang tidak menunggu api sampai padam jika bakar sampah kering di kawasan hutan rakyat,” imbuh Dwi.

Berkenaan dengan hal tersebut, BPBD telah mengambil langkah dengan meningkatkan peran Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) di setiap Desa. Nantinya, anggota FPRB akan bersiaga di 3 jalur longsor dan kebakaran.

“Kalau kita prinsipnya sudah koordinasi dengan teman-teman FPRB Desa setempat untuk membantu mengawasi tiga jalur rawan itu. Jadi kepada pemudik tidak perlu khawatir saat melintasi jalur-jalur tersebut,” pungkasnya.

‘Waspada! Ada Titik Rawan Erupsi di Jalur Mudik Anda’:

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!