PKB Ajukan 28 Gugatan Pileg 2019 ke MK

oleh

Jakarta – mengajukan gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) ke Mahkamah Konstitusi. Total ada 28 gugatan yang diajukan oleh partai pimpinan Ketum Muhaimin Iskandar () tersebut.

“Gugatan itu terdiri dari perkara caleg tingkat DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota,” ujar Wasekjen PKB Nihayatul Wafiroh dalam keterangan tertulis PKB, Sabtu (25/5/2019).

Total ada 28 gugatan yang melibatkan caleg PKB. Terbanyak adalah hasil dari Pileg tingkat DPRD Kota/Kabupaten.

“DPR 5 gugatan, DPRD Provinsi 7 gugatan dan DPRD Kabupaten/Kota 16 gugatan. Total 28 gugatan,” ucap Nihayatul.

Wakil Ketua Komisi II itu menyebut 28 gugatan yang dimasukan ke MK itu merupakan sengketa gugatan antar caleg PKB maupun caleg PKB dengan caleg partai lain. Adapun dapilnya berasal dari Jawa Timur, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Maluku, Maluku Utara, DKI Jakarta, Sumatera Selatan, Jambi, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Papua dan Papua Barat.

Saat ini, kata Nihayatul, PKB sedang melengkapi daftar berkas atau alat bukti yang diperlukan manakala gugatan-gugatan tersebut diterima MK.

“Kami yakin, berbekal daftar alat bukti yang kuat, valid dan tim pengacara yang profesional dan berpengalaman menangani perkara Pemilu dan Pilkada, Insya Allah kami bisa memenangkan gugatan,” ucapnya.

Nihayatul yakin MK akan mengabulkan gugatan PKB. Dengan demikian, PKB memiliki peluang menambah perolehan kursi baik di DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

“Menurut perhitungan internal, saat ini PKB sudah meraih sebanyak 58 kursi DPR RI, 182 kursi DPRD Provinsi dan 1.564 kursi DPRD Kabupaten/Kota,” ujar Nihayatul.

Tonton video Tahapan Penanganan Gugatan BPN Prabowo-Sandi di MK:

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!