Akses Media Sosial Kini Sudah Kembali Normal

oleh

Uri.co.id, Jakarta – Pemerintah akhirnya mengakhiri pembatasan akses pada hari ini, Sabtu (25/5/2019).

Pengguna layanan internet seperti Instagram dan WhatsApp sudah bisa kembali mengunggah foto dan video.

Hal ini diumumkan langsung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) melalui akun resminya di Twitter.

“Selamat menggunakan internet dengan lancar tanpa hambatan kembali ya. Mari gunakan ruang siber ini untuk hal-hal yg positif aja Happy weekend #SobatKom! #SemaiDamai,” kicau @kemkominfo.

Berakhirnya pembatasan akses media sosial ini disebabkan kondisi di masyarakat yang sudah kondusif.

“Situasi kerusuhan sudah kondusif, sehingga pembatasan akses fitur video dan gambar pada media sosial dan aplikasi pesan singkat difungsikan kembali,” jelas Menkominfo, Rudiantara.

Pemerintah sebelumnya membatasi akses sejumlah fitur , yakni unggahan foto dan video, selama beberapa hari belakangan.

Pengumuman pembatasan ini disampaikan oleh Menkopolhukam Wiranto dan Menkominfo Rudiantara, pada Rabu (22/5/2019).

Pembatasan akses ini dilakukan untuk membatasi penyebarluasan informasi palsu atau hoaks terkait demonstrasi di sejumlah wilayah Jakarta pada pekan ini. Demontrasi tersebut terkait dengan pengumuman pemenang Pilpres 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Selasa dini hari (21/5/2019).

Menkominfo Sempat Dikritik Warganet

Menkominfo Rudiantara di Seminar Konsolidasi untuk Sehatkan Industri Telekomunikasi. Dok: Indonesia Technology Forum

Sebelum pengumuman berakhirnya pembatasan akses media sosial, akun Twitter Menkominfo sempat dihujani pertanyaan oleh warganet. Mereka meminta pemerintah untuk segera membuka kembali semua akses yang sempat diblokir sejak beberapa hari lalu itu.

Pantauan tim Tekno Uri.co.id, Sabtu (25/5/2019), banyak warganet sebelumnya mempertanyakan waktu berakhirnya pembatasan akses ini ke berbagai pihak terkait, termasuk Rudiantara.

Berikut beberapa twit dari warganet kepada Rudiantara sebelum akses media sosial kembal normal:

“Nah, chief @rudiantara_id metode blokir-blokir untuk pembatasan informasi ini sangat tidak efektif Pak. Ayo Pak bisa segera dibuka Pak,” kicau @almuhtadimd.

“Uda sabar nih dari tanggal 21 – 25 mau sampai kapannn? Bikin kesel aja,” tulis pengguna Twitter dengan akun @nandadarhap.

“Dear bapak @wiranto1947 dan bapak @rudiantara_id .. Apakah jaringan komunikasi sosmed chatting masih di batasi ? Pak saya mau diskusi undangan pernikahan ini sama vendor susah sekali kirim WhatsApp,” demikian twit @Abdumw17.

(Din/Jek)

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!