Semangat PPSU Bersihkan Sisa Rusuh di Tengah Efek Gas Air Mata

oleh

Jakarta – Kerusuhan di sekitar Gedung pada menyisakan puing dan sampah di jalanan. Ada semangat pantang menyerah petugas yang membersihkan jalan sambil melawan efek gas air mata.

Salah satunya adalah Komarudin. Petugas PPSU itu menyapu jalanan di depan Bawaslu, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (23/5/2019). Bersama petugas lainnya, dia memunguti bongkahan batu, kaca, hingga bambu bekas tiang bendera yang berserakan.

Semangat PPSU Bersihkan Sisa Rusuh di Tengah Efek Gas Air MataFoto: PPSU di sekitar Bawaslu (Lisye/)

Sisa tembakan gas air mata masih pekat terasa. Mata, hidung, hingga tenggorokan perih. Komaruddin mengoleskan pasta gigi ke pipinya lalu kembali bekerja.

“Masih ada gas air mata jadi kami kurang nyaman bekerja,” ujar Komarudin.
Awalnya, Komarudin pusing dan bersin gara-gara sisa efek gas air mata itu. Setelah beberapa lama, dia mampu mengatasi efeknya.

“Tadi sempat sekali (batuk) sampai saya pusing bener gitu ya. Waktu pertama kali datang itu bersin, pusing. Tapi sekarang ya bisa kami tanggulangi lah,” kata Komarudin sambil sesekali menyeka hidung.

Semangat PPSU Bersihkan Sisa Rusuh di Tengah Efek Gas Air MataFoto: PPSU di sekitar Bawaslu (Lisye/)

Rasa sedih terselip saat dia membersihkan sisa kerusuhan. Tetapi, tugas dan tanggung jawab tetap harus dilaksanakan.

“Itu sudah kewajiban kita sebagai petugas kebersihan, harus bersih. Kalau dukanya ya pas ada musibah begini (kerusuhan),” kata Komarudin.
Kerusuhan yang pecah di sekitar Bawaslu semalam tentunya menambah beban kerja Komarudin dan rekan-rekannya. Meski demikian, dia tetap semangat dan pantang menyerah dalam melakukan tugasnya. Dia pun menularkan semangat itu ke rekan-rekannya.

“Untuk teman-teman petugas kebersihan, ayo pantang menyerah. Mari kita semangat bersihkan DKI Jakarta,” ajak Komarudin.

“Untuk masyarakat, janganlah buang sampah sembarangan,” ucapnya sambil tersenyum.

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!