Cantik! Bunga Tabebuya Kuning Mulai Hiasi Jalanan Surabaya

oleh

Surabaya – Cantik! kembali bersemi di sejumlah jalan utama di Kota Surabaya. Kali ini, bunga yang bersemi berwarna kuning.

Kepala Bidang Ruang Terbuka Hijau DKRTH Hendri Setianto mengatakan, bunga tabebuya mempunyai warna lain selain putih dan pink seperti sakura.

“Sudah mulai mekar. Tapi yang sekarang yang berwarna kuning. Kalau yang kemarin kan putih dan pink,” kata Hendri saat dihubungi , Selasa (21/5/2019).

Menurut Hendri, meski sudah mulai bermekaran, belum memasuki musim puncak bersemi.

“Nanti puncaknya bulan Juni-Juli. Ya sebagian memang di jalan-jalan sudah tampak mekar kuning-kuning,” terangnya.

Bunga Tabebuya bersemi di Surabaya/Bunga Tabebuya bersemi di Surabaya/Foto: Amir Baihaqi

Sedangkan untuk periode berseminya, lanjut Hendri, bunga yang berasal dari Amerika Latin itu hanya bersemi setahun sekali. “Cuma setahun sekali mekarnya. Ya itu tadi saat bulan Juni-Juli,” imbuhnya.

Secara terpisah, salah seorang petugas kebersihan DKRTH, Sunaryo (49) mengatakan, tahun ini bunga tabebuya kuning mulai bersemi sejak awal Mei. Ia tahu lantaran sehari-hari membersihkan rontokan bunga tabebuya.

“Setahu saya sejak awal bulan ini sudah mekar. Ini juga dua minggu rontok dan tumbuh lagi,” ujar Sunaryo.

“Kalau saya amati bunga ini memang selalu mekar setiap akan musim panas. Ini kan sudah mulai beralih dari musim hujan ke panas,” pungkasnya.

Pantauan , sejumlah jalan utama Surabaya telah diwarnai bunga tabebuya kuning. Yakni Jalan Jemursari Prapen, Panjang Jiwo Raya Nginden, Semolowaru, Manyar, Raya Menur, Ngagel, Karang Menjangan dan Gubeng, Pacar Keling, Blauran dan Dr. Moestopo.

‘Indahnya Bunga Tabebuya Jadikan Surabaya Seperti Jepang’:

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!