Demo di Depan Bawaslu, Ribuan Aparat Keamanan Siaga

oleh

Uri.co.id, Jakarta – Sekelompok masyarakat yang menolak dugaan kecurangan Pemilu 2019 menggelar aksi unjuk rasa di RI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (21/5/2019). Ribuan pasukan keamanan pun disiagakan mengamankan demo.

Massa mulai berdatangan sejak sekitar pukul 13.30 ke depan gedung dengan membawa berbagai spanduk, salah satunya bertuliskan ‘Rakyat Bersatu Melawan Pemilu Curang’. Berdasarkan pantauan di lapangan, Jalan MH Thamrin ditutup mulai dari Bundaran HI ke arah menuju Monas.

Jalur busway baik Halte Bundaran HI dan Halte Sarinah pun disterilkan. Sejumlah polisi berjaga di JPO Halte Sarinah. Gerbang pusat perbelanjaan Sarinah pun ditutup.

Massa yang terdiri dari para laki-laki dan juga kalangan ibu-ibu berkumpul di dua titik yaitu di sekitar lampu merah simpang empat Sarinah dan di jalan sebelah utara Sarinah.

Pembatas jalan di sekitar pembatas jalur busway pun ditutup pagar kawat berduri. Sejumlah petugas kepolisian duduk bersila di tengah jalan untuk mengamankan aksi demonstrasi di depan gedung .

Reporter: Hari Ariyanti

Sumber: Merdeka

Pengalihan Rute Transjakarta

Personel korps Brimob membentangkan kawat berduri di kawasan Kantor Bawaslu, Jakarta, Selasa (21/5/2019). Personel TNI-Polri dari berbagai kesatuan disebar ke sejumlah titik dan objek vital guna membantu pengamanan Ibu Kota setelah penetapan hasil rekapitulasi suara Pilpres 2019. (Uri.co.id/Johan

PT Transjakarta melakukan pengalihan rute bus Transjakarta dalam rangka mengantisipasi adanya aksi di Bawaslu, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

“Pengalihan mulai pukul 12.00 WIB,” kata Direktur Operasional PT Transjakarta, Daud Joseph saat dihubungi, Selasa (21/5/2019).

Dia menyebut untuk koridor 1 Transjakarta untuk arah Kota, dari Blok M – lepas GBK keluar jalur, tekuk kiri via koridor 9 lalu masuk jalur lambat – halte JCC dan halte Slipi Pertamburan.

Kemudian kata Daud, akan melewati halte Slipi Kemanggisan – lepas halte Harapan Kita ambil jalur kiri – traffic light (TL) Tomang belok kanan halte Tomang Mandala – halte Tarakan – halte Petojo – TL Harmoni belok kiri – Harmoni – Kota. Dan arah Blok M dari Kota tidak ada perubahan rute.

Selanjutnya untuk bus gratis Transjakarta terjadi perpendekan rute. Semula rutenya yakni Bundaran Senayan-Harmoni menjadi Bundaran Senayan-Tosari-Bundaran Senayan.

Kemudian untuk rute Dukuh Atas – Tanah Abang dan Dukuh Atas – Kota tidak beroperasi dan dialihkan ke Dukuh Atas – Sam Ratulangi dan Dukuh Atas – Kuningan.

Sementara itu yang tidak beroperasi yaitu bus Transjakarta rute 13 C rute Ciledug – Tosari, 6A Ragunan – Monas via kuningan, 6B Ragunan – Monas via Semanggi.

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!