Mudik ke Kediri, Cicipi 10 Kuliner Ini ya

oleh

Uri.co.id, Jakarta Kediri gudangnya kuliner. Makanan tradisional yang melegenda maupun makanan dengan rasa kekinian.Tak heran Kediri dijuluki surga kuliner murah di Indonesia.

“Kuliner lezat khas kampung halaman yang tidak mungkin ada di tempat lain menjadi sebuah magnet bagi para wisatawan. Dengan sajian kuliner tersebut, #PesonaMudik2019 makin terasa di Kediri,” ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya, Senin (20/5).

Berikut panduan kuliner #PesonaMudik2019 di Kediri yang siap memanjakan lidah Anda.

1. Soto Ayam Depot Podjok

Kuliner legend di Kediri. Soto dengan kuah yang bening ciri khas kuah soto Jawa Tengahan. Selain itu ada suwiran ayam kampung, ditaburi kecambah dan seledri. Rasa kuahnya sangat segar.

Suasana lawas kental sekali dari warung Soto Podjok ini. Dari arsitektur bangunan, layout warung, perintilan-perintilan seperti kaleng kerupuk, dan pajangan di dinding, semua serba lawas.

2. Nasi Pecel sambal tumpang

Bentuknya tak seperti sambal biasa. Sekali mencicipi bakal kepincut rasanya yang gurih, pedas dan mlekoh!

Kuliner ini menjadi primadona masyarakat Kediri. Yang membuat berbeda adalah sambal tumpangnya yang berbahan fermentasi tempe. Jadi cita rasanya khas dan lezat. Anda dapat menikmatinya dengan rempeyek dan juga pendamping lainnya seperti telur, ayam, jeroan, dan lain-lainnya.

3. Bakso Barokah 313

Bakso Barokah 313 adalah salah satu bakso legendaris di Kediri. Bakso ini sudah sejak lama meramaikan dunia perkulineran Kediri.

Tapi, jangan kaget kalau ketika pesanan datang. Sebab, kalian akan menemui bakso yang berukuran besar menggoda lidah. Nikmati saja, karena bakso seenak ini sepertinya hanya bisa kalian temui di Kota Kediri.

Banyak yang mengatakan jika kelezatannya tersebut sampai masuk ke dalam hati. Apalagi dengan harga yang cukup terjangkau. Maka sangatlah wajar apabila obyek wisata kuliner warung makan Bakso 313 sangat terkenal dan selalu ramai oleh pengunjung.

4. Sate Emprit

Jika oleh petani, burung emprit dianggap hama, berbeda halnya di Kediri. Anda bisa menyatap sate dari burung ini. Ukurannya yang mungil dengan rasa yang gurih buat bikin penasaran.

Kedai yang terkenal menjual sate emprit. namanya Sate Emprit Mbah Darmo. Lokasinya ada di Jalan Ahmad Yani, Wonojoyo, Gurah, Kediri, Jawa Timur.

5. Bli Puthu

Nama tempat makan ice cream ini cukup unik, Bli Puthu, mungkin diambil dari nama pemiliknya. Terletak di jalan Pahlawan Kusuma Bangsa, tempat ini bisa dikenali dari signage dengan design yang lucu di tepi jalan.

Variasi dari ice cream rumahan ini bermacam-macam, ada ice cream dengan menggunakan pie sebagai alasnya, atau kombinasi dengan brownies atau just ice cream, alias ice cream diatas mangkok. Yang pasti tidak menguras kantong. Mau coba?

Kuliner lezat khas kampung halaman yang tidak mungkin ada di tempat lain menjadi sebuah magnet bagi para wisatawan.

6. Nasi Bebek Kraton

Rasanya lezat dengan daging yang empuk dan tentunya tidak berbau. Dengan perpaduan antara daging bebek yang gurih empuk dan sambelnya yang pedas membuat Anda makin menikmati kuliner di Kediri yang seru ini.

7. Bumbu Desa

Salah satu tempat makan di Kedir yang juga terkenal yaitu Bumbu Desa. Lokasinya di Jalan Soekarno Hatta No. 46, Tapus, Sukerjo, Ngasem, Kediri.

Pilihan menunya banyak. Rasanya enak. Bumbu rempanya sangat terasa. Yang lebih penting lagi, harganya ekonomis.

Menu yang disajikan, antara lain berbagai macam olahan Ayam, bebek dan seafood. Untuk minuman, ada es campur, es cendol, es cincau dan minuman lainnya.

8. Ayam Bakar K-Q 5

Menu favorit dari ayam KQ-5 yaitu, ayam bakarnya yang maknyus. Ada pula bebek bakar/goreng, nila goreng, lele goreng dan menu favorite lainnya.

9. Warung Begok

Bebek goreng di Bebek Begok rasanya enak. Bebeknya empuk , kulitnya kering tapi dalamnya juice dan fresh.

Sambelnya dalam cobek sangat menggoda. Untuk rasa sambelnya enak dan pedas cabe yang bikin keringat dingin menetes. Wajib dicoba.

10. Balungan Pecak Pedas

Balungan atau tulang sapi banyak dimanfaatkan untuk beragam masakan. Kuliner satu ini bisa jadi menu menarik. Pilihannya banyak. Ada bagian iga serta skengkel.

Cita rasa masakan ini sangat unik. Rasa segar dari kuah, bercampur pedas, dipadu dengan gurihnya santan. Selain itu, sensasi menyeruput skengkel juga nikmat sekali. Setiap memesan skengkel, diberi sedotan, sehingga bisa menyedot sumsum. Dijamin rasanya gurih sekali. Sruputt.

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!