Nggak Cuma Tol, Mudik Lewat Jalan Nasional Juga Banyak Untungnya

oleh

Jakarta – Kehadiran tol Trans Jawa dan Trans Sumatera diperkirakan bakal mendorong minat masyarakat untuk mudik lewat jalan bebas hambatan tersebut. Namun perlu diingat, tol bukan satu-satunya akses yang bisa dilewati pemudik.

Pemudik tak ada salahnya memanfaatkan jalan nasional. Bahkan menurut Menteri Perhubungan , jalan nasional menyuguhkan pemandangan yang bagus.

“Bahwa jalan tol bukan segalanya, ada jalur selatan di Bandung di sana pemandangannya lebih bagus, bisa berhenti di banyak tempat,” kata Budi dalam diskusi Forum Merdeka Barat (FMB) 9 di Kemenkominfo, Jakarta Pusat, Senin (20/5/2019).Dalam acara yang sama, Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Sugiyartanto mengungkapkan kelebihan jalan nasional dibandingkan tol, misalnya Jalur Pansela. Melewati jalur selatan Jawa, pemudik juga bisa mampir di sejumlah tempat wisata.

“Pansela itu lebih spesifik bisa berhenti berapa tempat karena kita mengenalnya non tol tourism. Sebagian ada beberapa tempat misalnya Pangandaran, ada pantai, ada beberapa tempat yang lain, di Yogya misalnya juga ada pantai-pantai lainnya,” ujarnya.Area-area wisata tersebut juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat beristirahat selama perjalanan. Tentunya di sana pemudik bisa mencicipi makanan khas daerah.

“Ya mungkin sebagian bisa dipakai sebagai tempat istirahat secara natural. Kan makanan lokalnya biasanya seperti itu,” tambahnya.

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!