Jadi Penyiar TV, Begini Gaya Selvi Ananda Membawakan Berita dalam Bahasa Jawa

oleh

Uri.co.id, Jakarta – Menantu Presiden Joko Widodo alias Jokowi yang merupakan istri Gibran Rakabuming Raka, , memang jarang disorot media. Meski begitu, istri Gibran Rabuming Raka ini kerap berhasil mencuri perhatian publik.

Bukan hanya parasnya yang cantik, sikap lembut dan santun ini membuat semua orang kagum pada perempuan 30 tahun ini.

Yang terbaru, video lawas yang memuat sosok Selvi langsung jadi viral di media sosial. Video itu diunggah akun Instagram @janethesss pada Sabtu, 18 Mei 2019.

Ia terlihat terampil berbahasa Jawa krama Inggil dalam saluran tv lokal. Mengenakan blazer hitam dengan dalaman blus batik oranye, rambut hitam Selvi digerai bebas. Pada tampilan lain, rambut panjangnya dikeriting ikal.

Ia terlihat luwes membawakan berita bersama rekannya saat itu. Di acara berita tersebut, ibu itu dianggap cakap dalam menggunakan krama inggil atau bahasa Jawa halus.

Dilansir dari laman Kamus Besar Bahasa Indonesia, kromo inggil atau krama inggil merupakan tingkatan bahasa tertinggi dalam bahasa Jawa, tergolong ragam hormat, lebih daripada kromo. Biasanya digunakan untuk berbicara dengan orang yang dihormati atau orang yang lebih tua.

Bahasa Jawa Krama Inggil

Sedangkan, kromo atau krama berasal dari bahasa Jawa Nomina (kata benda) nama orang yang dipakai sebagai lambang yang menggambarkan rakyat kecil atau orang kebanyakan.

Tak hanya dipuji cantik, warganet banyak yang memuji logat bahasa Jawa yang digunakan ibu satu anak itu.

Bahasanya Jawa Inggil belum tentu semua orang Jawa hebat,” puji pemilik akun @bayusadewo12. “Bhs jawa ny bgs bgt…” tulis akun @ncepia147.

Menikah dengan Gibran pada 2015, Selvi Ananda telah dikaruniai seorang putra yang diberi nama Jan Ethes Srinarendra yang bermakna pemimpin yang cerdas dan cekatan.

Selvi sendiri merupakan alumnus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Surakarta dan dinobatkan menjadi pemenang kontes Putri Solo pada 2009.

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!