Gempa Hari Ini Mengguncang Sumba Barat NTT dan Papua

oleh

Uri.co.id, Jakarta – mengguncang dua wilayah Indonesia hari ini, Minggu (19/5/2019). Gempa pertama terjadi di Kecamatan Wanokaka, Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Kabupaten Biak Numfor, Papua.

Dilansir dari laman resminya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat, hari ini terjadi dalam kurun waktu pukul 13.16 WIB hingga pukul 17.23 WIB.

Meski getaran kedua gempa terbilang cukup kuat, dua lindu itu tidak berpotensi tsunami.

Gempa di Sumba Barat misalnya, magnitudo 5 yang dikeluarkan, guncangannya dirasakan hingga ke daerah Lamboya Barat dan Nihiwatu pada skala II MMI.

Berikut informasi selengkapnya dari dua hari ini:

Gempa Sumba Barat

Hari ini, Jumat, 30 Desember 2016, gempa guncang Nusa Tenggara Timur, dan Nusa Tenggara Barat. (Ilustrasi Gempa: cdn.abclocal.go.com)

Gempa bermagnitudo 5 di Sumba Barat, NTT terjadi pada pukul 13.16 WIB. Pusat gempa terjadi di laut, namun tidak berpotensi tsunami.

BMKG mengungkap lokasi gempa terletak 61 km Barat Daya Wanokaka dengan kedalaman mencapai 10 kilometer.

Sementara itu, koordinat titik gempa berada di 10,3 Lintang Selatan dan 119,22 Bujur Timur.

Gempa Biak Numfor, Papua

Gempa di Biak Numfor, Papua terjadi pada pukul 17.23 WIB. Kuatnya gempa mencapai mangnitudo 4,9 dengan pusat gempa terjadi di laut.

BMKG menyebut lokasi gempa terjadi di 118 km bagian tenggara Biak Numfor. Sementara, kedalamannya mencapai 19 kilometer.

Sedangkan koordinat titik gempa berada di 1,31 Lintang Selatan dan 137,15 Bujur Timur.

* Ikuti perkembangan Real Count Pilpres 2019 yang dihitung KPU

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!