Piala Sudirman 2019: Denmark Yakin Ungguli Indonesia di Fase Grup

oleh

Jakarta – Ajang 2019 sudah dimulai akhir pekan ini. Denmark yang tergabung di Grup B bersama Indonesia dan Inggris yakin bakal menguasai klasemen.

Indonesia ada di urutan ketiga dalam daftar unggulan, di bawah China dan Jepang. Di atas kertas Indonesia difavoritkan menjadi favorit untuk menjuarai grup B 2019.

Akan tetapi, Denmark dan Inggris tak boleh dianggap enteng. Meskipun tak hadir dengan dengan kekuatan seperti tahun-tahun sebelumnya, Denmark tak akan mudah dihadapi. Kali ini Denmark hadir tanpa nama-nama top seperti Christinna Pedersen, Kamilla Rytter Juhl, dan Carsten Mogensen.

“Mundurnya Pedersen memang membuat orang mengatakan kekuatan kami berkurang. Kami mau generasi muda kami naik. Sekarang kami tampil sebagai tim underdog dan masih berupaya mematangkan pemain muda. Kami masih mencari kombinasi di ganda campuran, kami coba memasangkan pemain muda dengan (Mathias) Christiansen supaya pasangan ini bisa ke olimpiade,” ujar Kepala Pelatih Tim Denmark, Kenneth Jonassen, melalui rilis dari PBSI, Sabtu (18/5/2019).

Sebelum menghadapi Indonesia, Denmark akan berjibaku melawan Inggris terlebih dahulu. Denmark juga optimistis dalam laga sesama negara Eropa ini. Denmark sejauh ini masih menjadi penguasa peta perbulutangkisan Eropa.

“Saya rasa tiap kami menghadapi negara Eropa lainnya, kami menjadi favorit. Ini menjadi mindset buat kami dalam pertandingan. Tapi kalau berhadapan dengan negara raksasa bulutangkis Asia seperti China, Jepang, Indonesia, Malaysia dan sebagainya, di pikiran kami, kami adalah underdog dan kami menyukai pemikiran seperti ini. Tim kami memang tidak sekuat tahun-tahun sebelumnya, kami selalu tanamkan di pikiran kami kalau berhadapan dengan negara Asia, kami adalah underdog,” ujar Kenneth.

“Saat ini tim Denmark sedang dalam masa transisi, kami sedang mengokohkan pondasi tim kami untuk ke depannya. Sekarang kami ada di sini, kami siap untuk bersaing. Kami hanya mencoba menikmati permainan, kami ada di grup yang berat bersama Indonesia dan Inggris, tapi kami percaya kalau kami punya kans di 2019,” tambah mantan pemain tunggal putra ini.

Grup Berat

Menghadapi Indonesia, Denmark diperkirakan mengandalkan nomor tunggal putra, ganda putra, dan tunggal putri. Pemain ranking tiga dunia, Viktor Axelsen, akan menjadi andalan di tunggal putra Denmark. Meskipun pernah tumbang di tangan Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie, partai ini masih sulit diprediksi hasilnya.

Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen yang kini ada di rangking delapan dunia, siap menahan gempuran tiga ganda putra Indonesia yang masing-masing duduk di peringkat satu, empat dan lima dunia yaitu Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Di tunggal putri, Mia Blichfeldt mengantongi satu kemenangan dalam laga terakhir melawan pemain terbaik Indonesia saat ini, Gregoria Mariska Tunjung. Akan tetapi, dua laga sebelumnya dimenangi Gregoria.

“Saya semangat sekali ada di sini, ini Piala Sudirman kedua saya. Saya sudah di Denmark beberapa pekan ini, jadi saya punya banyak waktu persiapan bersama tim. Saya akan turun dengan mindset lakukan apa pun yang saya bisa untuk memenangkan pertandingan dan dapat poin buat tim, dukung tim. Kami akan fight di semua pertandingan kami,” ujar Blichfeldt.

“Kami ada di grup yang cukup berat bersama Inggris dan Indonesia, tapi kami punya peluang untuk jadi juara grup selagi kami bermain dengan kemampuan terbaik kami,” tambah Blichfeldt.

Sumber: Bola.com

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!