Ratusan Warga Kediri Berdesak-desakan Tukar Uang untuk Lebaran

oleh

Kediri – Demi bisa untuk kebutuhan Lebaran, ratusan warga Kediri rela berlarian dan berdesak-desakan. Mereka berjuang untuk mendapatkan kupon penukaran uang yang disiapkan Bank Indonesia Kediri.

Acara penukaran uang itu diadakan Kantor Perwakilan Wilayah (KPW) Bank Indonesia Kediri di Kawasan Simpang Lima Gumul (SLG) Kabupaten Kediri. Meski sudah menerjunkan 8 mobil kas milik 8 Bank Nasional, namun masih banyak warga yang tidak mendapatkan uang baru. Salah satu warga Budi Ariyanto (45) tidak bisa melakukan penukaran uang karena kehabisan kupon. Ia pulang pun tanpa hasil.

“Ini tadi dapat kabar ada penukaran uang baru di Gumul. Terus saya datang ke sini, ternyata sudah tidak kebagian kupon karena hanya dibatasi 100 kupon saja” ujarnya kepada wartawan di lokasi, Sabtu (18/5/2019) sore.Berbeda dengan Budi, Dewi (30) mendapatkan kupon dan bisa menukar uang miliknya dengan uang baru. Pasalnya, ia sudah menunggu di lokasi dua jam sebelum acara penukaran uang dimulai.

“Iya ini barusan tukar uang baru Mas untuk diberikan kepada anak-anak nanti pas Lebaran, tadi sempat berdesak-desakan juga. Untung saya sudah sampai sini sejak jam 12.30 WIB tadi. Jadi saya dapat kupon nomor 26” kata Dewi.

Tahun ini KPW Bank Indonesia Kediri menyiapkan uang baru sebanyak Rp 6,1 triliun untuk kebutuhan Lebaran di eks Keresidenan Kediri dan Madiun. Jumlah tersebut jauh lebih besar jika dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya Rp 5,2 triliun.”Jadi ini adalah kegiatan layanan yang sudah kita laksanakan dari tanggal 7 Mei kemarin. Dan hari layanan yang ke 9. Kita akan terus adakan layanan penukaran uang baru sampai tanggal 28 Mei bersamaan dengan operasi pasar yang dilakukan pemerintah Kota Kediri di setiap kelurahan,” kata Kepala Bank Indonesia Kediri, Musni Hardi Atmaja.

Lebih lanjut Musni menjelaskan, selain di layanan mobil kas keliling, pihaknya juga menyediakan penukaran uang baru di kantor-kantor bank yang ada di Kediri.

“Masyarakat yang belum tidak mendapatkan kupon, masih bisa menukarkan uang di kantor bank yang ada di Kediri setiap Hari Selasa dan Kamis” imbuh Musni.

Dalam setiap penukaran uang pecahan baru, KPW Bank Indonesia Kediri membatasi jumlah penukaran. Setiap warga hanya boleh tukar uang maksimal sebanyak Rp 3,7 juta. Kemudian uang tukaran terdiri dari pecahan Rp 2 ribu, Rp 5 ribu, Rp 10 ribu dan Rp 20 ribu.

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!